Wajib Tahu! Cara Atasi Masalah Jantung Supaya Sehat

JABARNEWS | BANDUNG – Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia, berfungsi memompa dan menyebarkan darah serta bertugas membawa nutrisi dan oksigen yang di butuhkan oleh organ-organ tubuh dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Sistem dan fungsi kerja jantung sehat yang dilansir Jabarnews.com dari alodokter.com, sebanyak 14.000 liter darah per hari, jantung yang normal mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga:  DPRD Jabar Kecewa, Sertifikasi Barang Mutu Belum Maksimal

Kendati demikan, jantung pun bisa memiliki masalah yang bisa dialami oleh siapun, seperti orang yang mengalami serangan jantung. Biasanya ditandai dengan nyeri dada yang tertindih, tercekik, diremas, sifatnya tumpul, atau tidak dapat ditunjuk satu jari.

Kemudian lokasi paling khas terjadinya sakit berada di belakang tulang dada kiri disertai penjalaran ke lengan kiri, rahang, hingga tembus ke punggung dengan durasi lebih dari 20 menit.

Baca Juga:  DPRD Jabar: Proposal Buat Sekolah Swasta Sulit dapat Dana Hibah BPMU

Kondisi itu patut diwaspadai jika tidak menghilang kendati sudah istirahat atau diberi obat seperti nitrat/aspirin. Bisa juga disertai keluarnya keringat dingin, mual, muntah, berdebar-debar, tak sadarkan diri, atau henti jantung mendadak.

Selain mengenali tanda serangan jantung, Menurut spesialis jantung, dokter Nanda, dikutip dari Solopos.com, Selasa (29/10/2019) sarannya untuk mencegah terjainya serangan jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat,

Baca Juga:  DPRD Jabar Dorong Percepatan Pembangunan SMAN di Kecamatan Ciater

“Gizi harus bagus dan seimbang, menghindari rokok dan stres, mengecek tekanan darah, gula darah, dan kolesterol secara berkala” Ujar dokter Nada

Kemudian dalam keseharian jangan lupa untuk melakukan olahraga teratur seperti jalan kaki, joging, bersepeda, atau berenang. sementara itu jika perlu konsultasi dengan dokter jantung untuk mengetahui kondisi kesehatan jantung. (Red)