Angin Kencang, Kebakaran Gunung Ciremai Makin Meluas

JABARNEWS|KUNINGAN – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) semakin meluas. Petugas gabungan msih berjibaku memadamkan api

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin, menyebutkan api menyebar kebeberapa titik, kemudian data terakhir yang didapati kurang lebih sekitar 75 hektare lahan Gunung Ciremai terbakar.

Baca Juga:  Dewan Akui Tak Tahu Dana Kesra Jabar Gate Rp1 Triliun, Ridwan Kamil Didesak Buka Data ke Publik

“Kebakaran gunung ciremai tersebut, berada di kawasan TNGC tepatnya di Blok Sigiribig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan” ujar Agus Selasa (29/10/2019)

Kemudian, saat ini tim BPBD dibantu dengan personel lainnya sedang melakukan upaya pemadaman titik-titik api yang masih menyala dengan menerjunkan 126 personel dan juga membuat sekat bakar.

Baca Juga:  Enjang Tedi Dilantik Sebagai Anggota DPRD Jawa Barat Menggantikan Ade Kaca

“Beberapa kendala dialami oleh tim pemadam, angin bertiup cukup kencang, tumbuhan mudah terbakar dan juga kesulitan komunikasi,” ujar Agus.

Kebakaran kawasan TNGC di Blok Sigiribig terjadi pada Senin (28/10) sekitar jam 10.34 WIB dan sampai sekarang api belum dapat dikendalikan.

Selain itu, Karhutla di ciremai merupakan kejadian yang kesekian kalinya pada musim kemarau tahun ini.(Ara)

Baca Juga:  DPRD Jawa Barat Bahas Siapa Sosok Pj Gubernur Jabar Usai Idul Adha