Idham Azis Ditunjuk Sebagai Kapolri, Ini Tanggapan Kasum TNI

JABARNEWS | JAKARTA – Terkait penunjukkan Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai calon tunggal Kapolri, Idham diyakini bakal lebih memperkuat sinergi antara TNI dan Polri. Pasalnya, Jenderal bintang tiga itu selama ini tidak hanya dikenal low profile melainkan juga dekat dengan TNI.

“Saya kira pemilihan Pak Idham sebagai Kapolri akan membuat sinergi TNI/Polri semakin kuat. Apalagi saya dan beliau pernah bekerja bersama dalam pengamanan wilayah Jakarta,” kata Kepala Staff Umum (Kasum) TNI, Letjend Joni Suprianto, di Jakarta, dilansir dari laman ntmcpolri.info, Senin (28/10/2019).

Baca Juga:  Pemkab Bandung Raih Berbagai Penghargaan Pada Ecovillage Award 2019

Joni yang pernah menjabat Pangdam Jaya pernah menjalin sinergitas yang kuat bersama Idham ketika Idham menjabat Kapolda Metro Jaya. Mereka bahu-membahu dalam mengamankan wilayah Jakarta. Terbukti kerjasama tersebut membuahkan hasil yang baik dan menjadikan Jakarta kondusif.

Joni menambahkan bahwa momen yang paling berkesan terjadi ketika dirinya dan Idham Azis bersinergi untuk mengamankan agenda internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games.

“Di saat itulah kami menunjukkan bahwa TNI-Polri begitu kompak dalam pengamanan Jakarta yang sedang dikunjungi atlet-atlet terbaik Asia. Sehingga dunia internasional dapat melihat Indonesia aman,” katanya.

Baca Juga:  DPRD Minta Pemprov Jabar Tegas dalam Penegakan Aturan

Dia mengatakan sebagai mitra kerja, dirinya pasti akan men-support sang Kapolri baru.

“TNI pasti akan mendukung penuh Pak Idham dalam mengamankan negara,” ujar mantan Wakil Kepala BAIS ini.

Menurut Joni, Idham adalah sosok pejabat yang tidak gila publikasi ataupun orang yang suka cari panggung dan mau ngetop sendiri.

Joni membeberkan bahwa meski bukan berdarah Jawa, Idham Azis sangat menjunjung pepatah Jawa yang berbunyi “sepi ing pamrih rame ing gawe (bekerja keras namun tak mengharapkan pujian atau penghargan).”

Baca Juga:  Rekomendasi Pansus VI DPRD Jabar terkait Raperda RTRW Jawa Barat 2022-2024

Joni sangat yakin di bawah kepimpinan Idham Azis, Polri akan semakin maju dan profesional.

Pak Idham adalah seorang pemimpin yang sangat percaya kepada anak buahnya dan dia pasti akan mendelegasikan wewenang dengan baik kepada bawahannya.

“Dia sosok pemimpin humble (rendah hati) dan selalu percaya kepada anak buahnya. Ini sebuah kemampuan yang jarang dimiliki seorang pemimpin,” katanya. (Red)