Hore.. Dana Jaminan Kesehatan Pemkab Bekasi Naik

JABARNEWS | BEKASI – Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) adalah sistem jaminan kesehatan yang bersifat sosial, yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Bekasi kepada masyarakat di bidang kesehatan, Jawa Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 untuk kebutuhan Jamkesda.

“Ada penambahan anggaran di bidang kesehatan pada tahun 2020 khususnya Jamkesda,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Alamsyah di Cikarang, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga:  Pengedar Narkoba Asal Simalungun Ditangkap, Ini Barang Bukti yang Disita Polisi

Alamsyah menyebut anggaran Jamkesda yang dialokasikan tahun depan itu meningkat cukup signifikan dibanding tahun ini yang hanya sebesar Rp11,5 miliar.

“Sedangkan pada 2018 lalu anggaran Jamkesda sebesar Rp8 miliar,” katanya.

Alamsyah mengingatkan kepada seluruh jajarannya mulai dari pelaksana hingga kepala bidang agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terlebih bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kesehatan seperti Jamkesda.

Baca Juga:  TNI: Jokowi Datang, Kapal China Hengkang dari Perairan Natuna

“Yang datang mengurus administrasi sebagian besar adalah masyarakat tidak mampu. Di sisi lain sedang berduka karena ada keluarganya yang sakit. Jadi kalau kita layani dengan senyum dan ramah, setidaknya kita bisa menghibur mereka yang sedang berduka,” ungkapnya.

Baca Juga:  Begini Makna Hari Pahlawan Bagi Kapolres Purwakarta

Begitu juga dengan pelayanan di RSUD dan rumah sakit swasta. Alamsyah meminta agar semua rumah sakit yang bekerja sama dengan Jamkesda tidak menolak pasien.

“Ketika pasien datang langsung mendapat penanganan pertama. Jika secara medis tidak bisa ditangani, pasien dirujuk ke rumah sakit lain yang peralatan medisnya lebih lengkap,” tandasnya. (Red)