Inilah Sejarah Singkat Istana Bogor

Dulunya Istana Bogor menjadi hunian favorit para Gubernur Jenderal Hindia Belanda karena berhawa sejuk.

Istana Bogor. (Foto: Dok. Biro Pers Setpres)

JABARNEWS | BOGOR - Dari istana ke istana, begitulah keseharian Presiden Joko Widodo bila tidak ada acara kunjungan keluar kota. Pagi hari rombongan berangkat dari Bogor lalu menempuh jarak sekitar 60 km ke Istana Presiden di Jakarta.

Memang, bila tak ada acara kenegaraan Presiden Jokowi tidak harus masuk ke dalam Istana Merdeka maupun Istana Negara. Ruang kerja, ruang sidang kabinet, dan ruang terima tamu tersedia di Kantor Presiden, yang terletak di belakang Istana Merdeka dan di sebelah Istana Negara.

Baca Juga:

Liga Belum Jelas, Pemain Persib Terobati Piala Menpora 2021

Ridwan Kamil Sebut Kampung Tangguh Jaya Tekan Laju Penularan Covid-19 di Bodebek



Boleh jadi, Presiden Jokowi memilih Istana Bogor sebagai tempat istirahat untuk mengambil jarak dari kerumitan Jakarta. Pilihan yang sama diambil para gubernur jenderal dulu. Bahkan, Pemerintah Hindia Belanda menyebut istana Bogor itu sebagai Buiten-Zorg, diambil dari idiom Perancis Sans Souci , yang berarti bebas dari kerumitan alias tanpa beban.

Istana Bogor itu dulunya adalah vila yang dibangun oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff 1744. Ketika menjelajahi hulu Sungai Ciliwung, ia terkesima oleh keindahan dan kesejukan alam Bogor. Di situ ada hamparan tanah yang diapit sungai Ciliwung dan Cisadane. Ia pun memutuskan untuk membangun kawasan pertanian dengan sebuah vila peristirahatan untuk Gubernur Jenderal VOC.

Lokasi Istana Bogor itu sendiri diduga adalah bekas dari bagian dari Ibu Kota Kerajaan Pakuan Pajajaran yang sudah rontok dua abad sebelumnya akibat ditinggalkan penduduknya pasca serangan Kesultanan Banten. Di sekitar situs kota lama itu, vila megah itu dibangun menyerupai Istana Blenheim, kediaman Duke Marlborough di Oxford Inggris. Bangunan dua lantai yang keren.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Istana Bogor Gubernur Jenderal Kediaman Resmi Presiden Presiden Joko Widodo Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Bawaslu Jabar Klaim Pilkada 2020 Berjalan Sesuai Harapan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi