Arteria Dahlan: Jokowi Tunjuk Idham Aziz Sebagai Kapolri Keputusan Tepat

JABARNEWS | JAKARTA – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP, Arteria Dahlan mengatakan, penunjukan Kabareskrim, Komjen Idham Aziz sebagai calon tunggal Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan keputusan yang tepat.

“Saya hormati keputusan politik Presiden Jokowi yang memilih Komjen Idham Aziz sebagai calon tunggal Kapolri. Saya pikir itu keputusan yang sangat tepat, yang tentunya diambil melalui suatu tradisi yang meritual berupa pencermatan atas figur beliau yang dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan kehidmatan,” ujar Arteria kepada Jabarnews.com, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga:  Soal Penanganan TPA Sarimukti, Bey Machmudin Minta untuk Seluruh Camat di Cekungan Bandung Lakukan Ini

Menurut Arteria, baik secara formil yakni dari aspek pemenuhan admistratif syarat calon maupun secara materill dalam konteks integritas, kompetensi dan kepemimpinan Idham patut, layak dan pantas untuk dihadirkan bahkan sebagai calon tunggal sekalipun.

Baca Juga:  Driver Ojol Keluhkan Penurunan Tarif, Bupati Karawang Janji Temui Dua Kementerian Ini

“Saya juga melihat secara jenjang kepangkatan dan karier maupun masa bakti beliau juga sudah terkonfirmasi, sehingga sangat tidak relevan kalau ada pihak-pihak yang menyatakan bahwa penunjukan beliau cacat administrasi,” tegasnya.

Baca Juga:  49 Warga Cirebon Jadi Transmigran di Sulbar, Dapat Rumah dan Lahan Tambak

Diketahui, Presiden Jokowi telah menyerahkan nama Komjen Pol Idham Azis kepada DPR untuk menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri.

“Pengganti kapolri adalah sudah kami ajukan juga ke DPR. Pak Idham Azis Kabareskrim, satu saja,” ujar Jokowi di Istana Negara, Rabu (23/10/2019). (Odo)