bjb

Begini Cara Pemkab Purwakarta Tingkatkan Budaya Membaca

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika bersama pelajar menggalakkan gemar membaca. (Foto: Dok. Humas Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Minat baca masyarakat Indonesia disebut masih rendah bila dibandingkan negara lain. Dari data United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) merilis indeks minat baca di Indonesia hanya di angka 0,001. Artinya, dari setiap seribu penduduk Indonesia hanya satu orang yang memiliki minat baca. Jumlah itu, tak jauh berbeda dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Data statistik sosial budaya BPS tahun 2012 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia belum menjadikan kegiatan membaca sebagai sumber utama mendapatkan informasi. Sebanyak 91,68 persen penduduk yang berusia 10 tahun ke atas lebih menyukai menonton televisi, dan hanya sekitar 17,66 persen yang menyukai membaca surat kabar, buku atau majalah.

Baca Juga:

UNESCO Tetapkan Pencak Silat Jadi Warisan Budaya Takbenda Untuk Dunia

Bamsoet Dukung Usulan Ulos Jadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia



Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan budaya membaca dan tradisi literasi dikalangan generasi muda, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Purwakarta menggelar program bulan kunjung perpustakaan 2019.

"Sejalan dengan hari kunjungan perpustakaan dan bulan gemar membaca, kami mengajak generasi muda untuk meningkatkan budaya membaca dimanapun dan kapanpun,salah satunya melalui bulan kunjung perpustakaan 2019" ujar Plt Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta, Netty Dewi Purnamawati di Purwakarta, Jumat (25/10/2019).
Halaman selanjutnya
Tags : Literasi Baca Minat Baca UNESCO Badan Pusat Statistik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Ambu Anne Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Pemuda Paningkiran Dirikan Kampung Mbaca Untuk Anak-anak

Budaya Literasi di Rumah

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi