Masyarakat Antusias Hadiri Penutupan TMMD ke 106 di Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ribuan masyarakat berbondong-bondong ke acara penutupan yang dipusatkan di lapangan sepak bola Desa Cisaat, Kecamatan Camapak, Kabupaten Purwakarta. Masyarakat terlihat terhibur dan senang bisa berjumpa dengan Panglima Kodam III Siliwangi, Letjen TNI Tri Soewandono, pada Rabu (30/10/2019).

Seluruh lapisan masyarakat Desa Cisaat, pada umumnya masyarakat Kabupaten Purwakarta menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas hebatnya kegiatan hari ini. Masyarakat Purwakarta merasa bahagia luar biasa dengan acara penutupan TMMD.

Kedatangan Jendral bintang 3 ini merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Cisaat khususnya Kabupaten Purwakarta. Diketahui, Program TMMD menyasar pembangunan fisik dan non fisik. Salah satu sasaran pembangunan fisik yaitu membangun jalan penghubung antar desa sepanjang 650 meter dengan lebar 4 meter dari Desa Cisaat ke Desa Ciparungsari.

Baca Juga:  DKUKMP Ciamis Keluarkan Surat Edaran Waspadai Oknum Petugas Regulator

Kemudian pembuatan gorong-gorong 2 unit dengan panjang 6 meter. Ada juga pembuatan saluran pasangan sepanjang 150 meter dan pembangunan tembok penahan tanah sepanjang 100 meter. Untuk sasaran tambahan yaitu, rehab rutilahu sebanyak 5 unit, rehab musola dan melakukan rehab pos kamling.

Sementara sasaran pembangunan non fisik yang dilaksanakan di antaranya penyuluhan wawasan kebangsaan, sunatan massal, pelayanan KB gratis, pengobatan gratis, pembuatan KTP, KK hingga perpanjangan SIM.

Sasaran fisik non fisik telah selesai dan program TMMD saat ini telah resmi ditutup oleh Panglima Kodam III/Siliwangi, Letjen TNI Tri Soewandono di lapang Desa Cisaat Kecamatan Campaka.

Baca Juga:  Berlaga di Tanah Kelahiran, Motivasi Indra Makin Berlipat

“TMMD sangat dirasakan oleh warga dan sasarannya memang ke situ,” ujar Panglima Kodam, saat menghadiri acara penutupan TMMD.

Ia mengatakan, TMMD akan terus dilakukan dan menyasar daerah lain yang dianggap perlu dilakukan pembangunan. Jalan berlokasi di Kecamatan Jatiluhur yang menjadi akses penghubung antar kabupaten menjadi sasaran TMMD tahun depan di Purwakarta. Sehingga akses dari Kabupaten Bogor dapat tembus ke Purwakarta nantinya.

“Tahun depan kita anggarankan dan menjadi sasaran berikutnya, sehingga akses penunjang roda perekonomian warga semakin mudah,” katanya.

Sementara program TMMD di Provinsi Jawa Barat dilakukan tidak hanya di Purwakarta saja, melainkan tersebar di sejumlah daerah lain seperti Kabupaten Ciamis, Bogor dan Lebak.

Baca Juga:  Yana Mulyana Sebut Akan ada Pengetatan Jam Operasional di Kota Bandung

“Tujuan TMMD adalah untuk meningkatkan kesejahteraan, di Purwakarta sudah selesai dan hari ini secara resmi kami tutup,” ucapnya.

Kodim 0619 Purwakarta bekerjasama dengan Pemkab Purwakarta juga menggelar beberapa stand dalam rangka memeriahkan upacara penutupan.

Terdapat acara pengobatan massal, hiburan lokal pembagian sembako, serta pertunjukan lain yang tidak kalah menariknya dalam agenda tersebut.

“Kami datang lebih awal sehingga dapat mengikuti semua rangkaian semua kegiatan dari awal sampai akhir,” ujar Ahmad, warga setempat.

Ia juga bersyukur kepada karena desanya telah dibantu berbagai macam pembangunan infrastruktur bermanfaat oleh TNI.

“Tentunya semuanya ini sangatlah membantu kesejahteraan serta menunjang perekonomian masyarakat di desa kami,” ungkapnya. (Gin)