Tembok Penahan Tanah Ambrol di Perumahan Elit Bandung Barat

JABARNEWS | BANDUNG – Hujan deras yang melanda Kota Bandung beberapa hari ini mengakibatkan sebuah rumah di proyek kompleks mewah di Kampung/Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, rusak berat akibat longsor yang terjadi pada Selasa (29/10/2019) malam.

Rumah dua lantai milik Irmanto tersebut jebol di bagian belakangnya akibat tembok penahan tebing yang ambrol karena diguyur hujan deras. Alhasil, terdapat lubang menganga setinggi 10 meter di belakang rumah tersebut.

Baca Juga:  Wakil Wali Kota Bandung Imbau Ratna Sarumpaet Minta Maaf

“Kejadiannya sekitar pukul 8 malam. Korban nggak ada, alhamdulillah sudah terantisipasi,” kata Lukman Hakim (55), saksi mata di lokasi kejadian, Rabu (30/10/2019) dilansir detikcom.

Lukman mengatakan beberapa hari sebelum rumah ambrol, muncul retakan di dalam rumah. Pemilik rumah pun berinisiatif memindahkan barang ke tempat yang lebih aman.

Baca Juga:  DPRD Garut Desak Polda Usut Kasus OTT BKD

“Pak Irmanto juga sudah mengungsi ke rumah saudaranya sejak tiga hari yang lalu,” ucapnya.

Berdasarkan informasi, sebagian barang milik Irmanto masih berserakan di tengah puing reruntuhan bangunan. Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB pun membantu memindahkan barang-barang milik Irmanto.

Anggota BPBD KBB Suheri mengatakan hujan deras menjadi pemicu ambrolnya tebing tersebut.

Baca Juga:  Support Ke Jalak Harupat, Supardi: Hatur Nuhun Bobotoh

“Panjangnya tembok yang ambrol 10 meter dan tingginya 4 meter. Ini akibat hujan deras selama lima jam,” ujarnya.

Suheri mengatakan, selain rumah Irmanto, rumah milik Sartika (50) terancam terkena longsor susulan.

“Saat ini juga keluarga Bu Sartika sudah mengungsi ke rumah kerabatnya. Komunikasi dengan pengembang, mereka mau bertanggung jawab,” tandasnya. (Red)