Polisi Panggil Sejumlah Kades di Purwakarta Terkait Dana Hibah Kemenpora

JABARNEWS | PURWAKARTA – Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta akan memanggil sejumlah Kepala Desa (Kades) di Purwakarta, terkait adanya dugaan menyimpangan dana hibah Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tahun anggaran 2017 bernilai ratusan juta rupiah.

Dana hibah tersebut, diketahui dikucurkan ke beberapa Desa yang ada Purwakarta untuk pengadaan sarana olahraga diantaranya Lapangan Sepakbola, Futsal, dan Volly ball.

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kasat Reskim, AKP Handreas Ardian mengatakan, berdasarkan laporan dari masyarakat beberapa sarana olahraga tersebut mengalami keruskan hingga sebagian kondisinya bahkan disebut tidak layak pakai.

Baca Juga:  Bank Bjb dan PT ASPM Kerjasama Potensi Bisnis Nasabah Bidang Peternakan Unggas

“Untuk itu kita lakukan pemanggilan dan memintai keterangan beberapa Kades, apakah nantinya ada dugaan penyimpangan dana atau lainnya, kita tunggu hasil keterangan dari Kades dulu,” kata Handreas saat ditemui diruang kerjanya. Rabu, (30/10/2019).

Sementara jumlah Kades yang akan dilakukan pemanggilan, Handreas menyebut ada sekitar delapan kades yang akan dimintai keterangan.

Baca Juga:  Ini Bahayanya Jika Wanita Merokok, Salah Satunya Sebabkan Kanker

“Tadi kita sudah panggil dan meminta keterangan Kades Nangewer, Kecamatan Darangdan. Karena di desa tersebut ada dibangun salah satu sarana olahraga yaitu Lapangan Futsal. Rata-rata dana untuk sarana olahraga tersebut seratus juta lebih per desa,” ungkapnya.

Handreas menjelaskan, Kades Nangewer dimintai keterangan terkait seputar dana hibah Kemenpora hingga proses aliran dananya.

Baca Juga:  Lahan Sawah di Kota Bandung Setiap Tahun Menyusut

“Dari keterangan yang kita terima, nanti bisa disimpulkan apakah ada penyimpangan dana atau tidak, jika ada maka kita lakukan penyelidikan lebih lanjut” jelas Handreas.

Meski begitu, Handreas belum mau menyebut lebih rinci waktu dan Kades mana saja yang akan dipanggil selanjutnya.

Handreas memastikan semua Kades yang menerima dana hibah Kemenpora semua akan dimintai keterangan.

“Kita akan panggil semuanya,” ucapnya. (Gin)