Inilah Pencipta Lagu Permintaan Api Unggun yang Terlupakan

JABARNEWS | GARUT – Semua anggota Pramuka, pasti tahu lagu yang berjudul ‘Permintaan Api Unggun’. Lagu tersebut, biasanya dinyanyikan sebelum api unggun dinyalakan. Namun, lagu tersebut belum banyak yang mengetahui siapa pencipta lagunya.

Usut punya usut, lagu Permintaan Api Unggun diciptakan seorang pria paruh baya bernama Uun Samsa warga asal Limbangan, Kabupaten Garut.

Lagu tersebut, diciptakan Uun pada tahun 1978 lalu semasa dirinya masih aktif di gerakan Pramuka. Sungguh miris, lagu yang puluhan lalu diciptakan ternyata banyak anggota Pramuka tidak tahu sosok pencipta lagu tersebut, seolah menunjukkan kurangnya apresiasi dari pihak-pihak terkait.

Baca Juga:  Parah, Kotak Amal Masjid di KBB Jadi Sasaran Pembobolan Hingga 20 Kali

“Pada tahun 1978 saya menciptakan lagu Permintaan Api Unggun ini, banyak anggota Pramuka yang belum tahu,” kata Uun dalam keterangan yang diterima Jabarnews.com, Kamis (31/10/2019).

Baca Juga:  Hilang kendali, Pengendara Honda CBR Tewas Terlindas Truk Mixer di Purwakarta

Bukan hanya itu, Uun telah banyak menciptakan lagu-lagu untuk gerakan Pramuka. Selain itu, pada tahun 1978 Uun juga menciptakan lagu berjudul Api Menyala.

“Ada dua lagu api unggun, yakni sebelum dan saat api unggun. Lagu sebelum api unggun berjudul Permintaan Api Unggun, yang kedua biasa dinyanyikan saat api unggun, berjudul Api Menyala,” ucapnya.

Uun berharap, lagu yang telah ciptakan oleh dirinya mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya para anggota Pramuka.

Baca Juga:  Vaksin MR, Anggota Komisi V DPRD Jabar Sesalkan Sikap MUI

Sementara itu, apresiasi dari pemerintah sangat diharapkan dirinya yang hingga saat ini masih mengabdi pada gerakan Pramuka, meski telah purna bakti.

“Ya, saya berharap lagu ciptaan saya diapresiasi beliau-beliau selaku Mabinas, Mabida dan Mabicab di Pramuka mudah-mudahan kita bisa duduk bersama,” harap Uun. (Rnu)