Milangkala Wanayasa ke 334 Gelar Aneka Kegiatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam rangka memperingati HUT Wanayasa berusia 334 tahun, Pemerintah Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, menggelar acara milangkala. Kali ini sejumlah acara kegiatan bakal memeriahkan milangkala tersebut.

“Ini pertama kalinya Milangkala Wanayasa kita rayakan dengan berbagai kegiatan. Acaranya kami gelar dari Sabtu 26 Oktober hingga Minggu 3 November 2019 mendatang. Diharapkan kegiatan ini pun akan menjadi agenda rutin tahunan di kecamatan Wanayasa,” Kata Camat Wanayasa, Jaya Pranolo, saat ditemui di sela-sela kegiatan, Kamis (31/10/2019).

Jaya menambahkan, Milangkala Wanayasa tepatnya pada 3 November, dan pada tanggal tersebut merupakan penutupan rangkaian kegiatan Milangkala Wanayasa ini.

“Nanti pada 3 November 2019 kita bakal gelar ziarah ke makam ke pendiri-pendiri Wanayasa, sesepuh Wanayasa dan pemimpin di Wanayasa pada jaman dulu,” imbuhnya.

Baca Juga:  Akhirnya, Jokowi Bilang Ada 23 Ribu TKA Di Indonesia

Camat menambahkan, sejumlah kegiatan mengisi Milangkala Wanayasa yang ke 334 antara lain, pementasan tari kolosal, dialog kebangsaan, pameran desa, bazar kuliner, penampilan berbagai macam kesenian, Tabligh Akbar, dan banyak lagi.

“Kegiatan Milangkala Wanayasa ini atas inisiatif para pemuda Wanayasa, dan wajib untuk kita dukung bersama. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga akan semangat para pemuda pemudi yang ada di Wanayasa ini. Yang Paling penting acara milangkala ini adalah wadah kebersamaan dalam kegembiraan. Semuanya berbaur dan berkumpul silaturahmi semua warga dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Wanayasa,” kata Jaya.

Ditempat yang sama, Ketua panitia acara Milangkala Wanayasa, Rina Sri Nurbaeti mengatakan, acara Milangkala Wanayasa ini untuk mengingatkan kembali masyarakat Wanayasa, terutama kamu muda akan sejarah awal mulanya Kecamatan Wanayasa ini.

Baca Juga:  Koperasi Al-Muhajirin Raih Penghargaan Bakti Koperasi Dan UKM 2018

“Sebuah bangsa yang besar adalah dimana pemudanya yang tahu tentang sejarah, tahu dengan jati dirinya dengan adanya Milangkala ini Kami berharap mudah-mudahan kegiatan ini bisa mengembalikan jati diri khususnya untuk Wanayasa,” jelasnya.

Menurutnya, Wanayasa ini memiliki jati diri dengan sejarahnya yang luar biasa. Dari sanalah muncul ide bahwa Wanayasa itu banyak potensi yang harus digali dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Wanayasa ini.

“Maka dari itu untuk kepanitiaannya di Milangkala ke 334 ini kita menggabungkan 15 Pemuda dari 15 desa. Harapannya sih ke depan mudah-mudahan ini akan dijadikan agenda tahunan,” jelas Rina.

Baca Juga:  6 Jam Bermain Di Champion City, Bakat dan Kecerdasan Anak Terbuka

Melalui milangkala ini, tambah dia, salah satu usaha menanamkan kecintaan terhadap bangsa dan negaranya sendiri. Pasalnya untuk menanamkan kecintaan pada bangsa tidak cukup dilakukan secara sporadis, musiman, atau hanya kadang-kadang jika dianggap perlu.

Hal itu harus dilakukan secara terus menerus tanpa henti. Hanya dengan cara itu, maka kecintaan itu akan tetap tumbuh dan terpupuk pada masing-masing hati warga negaranya.

“Suatu bangsa bisa maju dan berjaya kalau mempunyai nilai-nilai. Kita kaya dengan nilai budaya dan filosofi sehingga kita menjadi bangsa tangguh dan punya jati diri,” pungkasnya. (Gin)