Ratusan Warga Karawang Periksa Kesehatan di Kereta Klinik PT KAI

JABARNEWS | KARAWANG – Sebanyak 270 warga Karawang menerima bantuan dalam bentuk pelayanan kesehatan gratis dari kereta kesehatan rail clinic atau kereta klinik.

Rail Clinic sendiri merupakan kereta kesehatan untuk memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia, khususnya dibidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta akan menambah jumlah agar bisa menjangkau setiap daerah operasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Baca Juga:  Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, PT KAI Sidak Daop 3 Cirebon

“Di wilayah Jawa, ada sembilan daerah operasi. Jadi rencananya memang akan ditambah,” kata Deputy Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Sofyan Hasan, di sela kegiatan pelayanan kesehatan gratis di Klinik Kereta Api, di Stasiun Karawang, Kamis (31/10/2019).

Saat ini baru ada enam unit kereta klinik, tetapi yang sudah beroperasi baru empat unit. Jika setiap daerah operasi nanti memiliki satu kereta klinik, maka empat kereta klinik yang ada saat ini tidak perlu lagi keliling di wilayah Jawa.

Baca Juga:  HMI Badko Jabar Ingatkan Kadernya Netral Di Pemilu 2019

Rail clinic atau kereta klinik merupakan rangkaian gerbong kereta yang disulap menjadi klinik, terdapat fasilitas medis seperti ruang pemeriksaan, ruang tunggu, apotik, dan laboratorium.

Di rangkaian rail clinik tersebut, tersedia pula kereta pustaka, yakni gerbong kereta yang disulap seperti perpustakaan berisi ribuan buku bacaan.

Sementara itu, dalam kegiatan pelayanan kesehatan gratis di Stasiun Karawang, ratusan warga melakukan pemeriksaan gratis di dalam kereta.

Baca Juga:  Nadiem Makarim Wajibkan Seluruh Sekolah Tatap Muka Pada Bulan Juli

Pada kesempatan itu, PT KAI Daop 1 membagikan kacamata minus kepada 60 siswa sekolah dasar dan membagikan 300 paket sembako gratis.

Pelayanan kesehatan gratis yang bisa dimanfaatkan dalam rail clinic di antaranya pelayanan kesehatan umum, gigi, kehamilan, pemeriksaan laboratorium dan pelayanan farmasi. Selain itu, dilakukan juga penyuluhan kesehatan mengenai pola hidup bersih dan sehat. (Ara)