Tunggakan BPJS Kesehatan di RSUD Ciamis Mencapai Rp 30 Milyar

JABARNEWS | CIAMIS – Tunggakan BPJS Kesehatan ke pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis hingga saat ini mencapai Rp 30 Miliar, dan dipastikan akan bertambah.

“Hutang BPJS Kesehatan ke RSUD Ciamis dipastikan bisa bertambah, karena diprediksi bulan depan pun masih menunggak,” kata Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Ciamis, Sri Patimah kepada Jabarnews.com, Kamis (31/10/2019).

Baca Juga:  Fly Over Kadungora Garut Rampung Bulan Depan

Untuk menutupi tunggakan tersebut, pihak RSUD Ciamis saat ini menggunakan anggaran dari hasil pembayaran pasien umum untuk melayani para pasien pengguna BPJS Kesehatan. Namun ujar Sri, anggaran dari pembayaran pasien umum pun masih kurang.

Baca Juga:  Kasdim: Pererat Kekompakan Keluarga Besar TNI

“Jumlah pasien umum yang berkunjung ke rumah sakit rata-rata sekitar 5 persen, namun semua pasien umum tidak semuanya mampu membayar ke rumah sakit, kebanyakan menunggak dengan alasan tidak mampu,” jelasnya.

Namun demikian, Sri memastikan kebutuhan pelayanan pasien tetap berjalan optimal.

Menurutnya, pihak rumah sakit berharap BPJS Kesehatan bisa lancar membayar ke rumah sakit, karena kalau tidak lancar rumah sakit bisa kolep.

Baca Juga:  Timun Suri Bikin Buka Puasa Segar

“Saat ini keuangan dari fase pendapatan pasien umum, masih belum mencukupi, untuk menutupi beban biaya tersebut, pihak rumah sakit sedang proses meminjam ke Bank,” tuturnya. (CR1)