KBRI Baghdad Pulangkan TKI Korban TPPO Asal Sukabumi

Selain warga Sukabumi, 2 wanita asal Karawang juga berhasil dipulangkan

Kantor KBRI Baghdad Irak. (Foto: KBRI)

JABARNEWS | SUKABUMI - Tuti (38) dan Lina Pratiwi (32) dua wanita asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Irak berhasil dibebaskan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Baghdad, Irak. Keduanya diselamatkan oleh sopir taksi dan masyarakat serta diserahkan kepada pihak kepolisian di Erbil.

Informasi yang diterima SBMI dari KBRI Baghdad kedua buruh migran asal Desa Cibuntu, Kecamatan Simpenan tersebut sempat melarikan diri pada Rabu, (29/10/2019).

Baca Juga:

Inilah Lima Wisata Bandung Bertema Kebun Teh Yang Bisa Kalian Datangi

Angin Puting Beliung Rusak Belasan Rumah di Purwakarta



"Kami mendapatkan informasi bahwa keduanya sudah berada di KBRI Baghdad dan kondisinya cukup baik," kata Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jabar, Jejen Nurjanah di Sukabumi, Jumat (1/11/2019).

Menerima informasi tersebut pihak KBRI kemudian berkoordinasi dan bernegoisasi bahwa kedua wanita tersebut merupakan warga Indonesia yang menjadi korban TPPO akhirnya keduanya diizinkan untuk dibawa ke Sekretariat KBRI Baghdad.

Kondisi hari yang sudah malam ditambah jarak dari KBRI ke kantor kepolisian di Erbil mencapai 500 km (delapan jam perjalanan darat) serta banyak pos pengamanan dan bukan merupakan jalur aman karena banyak kelompok bersenjata maka diputuskan untuk menjemut Lina dan Tuti dilakukan keesokan harinya atau pada Kamis, (30/10).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : TPPO TKW Ilegal Human Trafficking SBMI KBRI Baghdad Serikat Buruh Migran Indonesia Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Video: Persib Bandung Kembali Gelar Pertandingan Uji Coba

Persib Komentari Hasil Drawing Piala Menpora 2021

Kantor BPN Jabar Tertimpa Pohon, Pelayanan Tetap Dibuka

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi