Dinkes Ciamis: Waspadai Penyakit Memasuki Musim Penghujan

JABARNEWS | CIAMIS – Memasuki musim penghujan, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis melalui bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) menghimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap kemungkinan penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang bisa merajalela.

“Selain penyakit DBD, penyakit umum lainnya seperti Diare, Flu, Batuk, Demam, Penyakit Kulit bisa terjadi kapan saja ketika musim hujan datang,” ucap Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Ciamis, Dr. H. Bayu Yudiawan, MM kepada Jabarnews.com, Jumat (1/11/19).

Baca Juga:  Simak! Ini Manfaat Mandi Air Hangat, untuk Kesehatan Kesehatan

Dinas Kesehatan Ciamis mencatat, ada 9 daerah yang terkena endemis, biasanya penyakit dengue berkembang ditempat padat penduduk.

Oleh sebab itu, untuk mencegah penyebaran penyakit DBD, Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis selalu gencarkan program Gerakan 1 Rumah 1 Jumantik (G1R1J).

“Program G1R1J sudah disosilisasikan di masing-masing kecamatan,” katanya.

Relawan juru pemantau jentik (Jumantik) yang sudah terbentuk di tiap Kecamatan Ataupun Desa, tugasnya memantau keadaan perkembangan dan keberadaan jentik nyamuk dan meningkatkan kewaspadaan warga menghadapi wabah DBD, terutama di tempat-tempat yang mempunyai potensi genangan air,” tuturnya.

Baca Juga:  Tak Perlu Obat Kuat, Ini Daftar Viagra Alami Tanpa Efek Samping Buat Pria

Selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, gerakan tersebut juga bertujuan untuk menjauhkan dari penyakit DBD.

Dr. Bayu juga meminta supaya masyarakat lebih meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, dan jadikan kebersihan itu menjadi suatu budaya,” pintanya.

Baca Juga:  Bukan Kaleng-kaleng! Ini Dia Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

“Minimal hal yang sangat sederhana yaitu biasakan mencuci tangan dengan sabun setiap saat, dan biasakan lingkungan selalu bersih dan sehat.

Selain itu, ia menambahkan makanan asupan yang bergizi dan olahraga yang teratur, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit saat di musim hujan. (CR1)