Pasar Dunia Akui Kualitas Kopi Jabar Sangat Tinggi

JABARNEWS | BANDUNG – Komoditas Kopi Indonesia khususnya cita rasa kopi asal Jawa Barat telah diakui oleh pasar Duni berkualitas tinggi. Pemerintah akan terus mendorong industri kopi untuk meluaskan jaringan guna mengembalikan kejayaannya.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, M Arifin Soendjayana, dalam acara West Java Specialty Coffee Festival, menyatakan selama ini dunia masih belum mengetahui jika kopi berkualitas bagus itu berasal dari Jawa Barat.

“(Dunia internasional atau pasar internasional) mereka mengakui bila kopi dari Jabar memiliki kualitas cukup tinggi. Sehingga kami mendorong agar produk kopi ini, memiliki jejaring dan menggarap pasar dunia,” ujar arifin, dilansir dari cianjurekspres.cne, Sabtu (2/11/2019)

Baca Juga:  Seorang Pengemudi Tewas Dalam Kecelakaan di Tol Cipularang Km 90

Kemudian Arifin mengatakan, Pemprov Jabar akan terus mendorong industri kopi supaya meluaskan jaringan bertujuan untuk bisa menyasar pangsa pasar dunia menggunakan brand kopi Jawa Barat.

“Kopi Jawa Barat telah menyumbang volume ekspor kopi Indonesia ke mancanegara tapi belum memiliki data pasti volume kopi Jabar yang masuk pasar ekspor,” ujarnya

Baca Juga:  Inilah Tiga Makanan Untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Sementara itu, Ketua Dewan Kopi Indonesia Anton Apriyantono menambahkan secara kualitas kopi Jawa Barat telah memiliki reputasi di mata dunia tapi seiring upaya meningkatkan pasar, produktivitas kopi Jawa Barat harus ditingkatkan.

“Menurut saya acara seperti ini upaya bagus untuk kembalikan dan kembangkan kopi Jawa Barat dan kami mendukung upaya ini. Apalagi di Jawa barat ada pengusaha eksportir, kita bisa kolaborasikan itu,” kata Anton.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Manfaat Selada Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Tekanan Darah

Menurut Anton dari sekitar 600.000 hingga 700.000 produksi kopi nasional, sekitar 60 persen telah masuk pasar ekspor dengan komposisi produksi kopi robusta hampir 70 persen.

Seperti diketahui, saat ini telah berlangsung acara West Java Specialty Coffee Festival yang di gelar pada 1-2 November 2019, diharapkan bisa menjadi media untuk mempertemukan pengusaha kopi Jawa Barat dengan pasar internasional. (Red)