Resmi, Iwan Bule Ketua Umum PSSI periode 2019-2023

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk Pertama kalinya dalam induk sepak bola indonesa nasional Ketua PSSI berlabel seorang polisi. Mochamad Iriawan terpilih menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule (57) itu mendapatkan 82 suara dari 86 voter dalam Kongres Pemilihan PSSI di Hotel Shangri-La, Sabtu (2/11/2019).

Meski tak lagi aktif menjabat dalam struktur Kepolisian Republik Indonesia, Iwan Bule masih tercatat sebagai anggota kepolisian.

Selain itu, Iwan Bule termasuk penggila ‘si kulit bundar’. Dia punya kedekatan tersendiri dengan klub Liga 1 Persib Bandung. Tercatat sebagai salah satu jajaran Direksi PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).

Baca Juga:  Jarang Diketahui! Ternyata Ini Manfaat Eceng Gondok Bagi Kesehatan Tubuh

Sebelumnya, Pada 2018, Iwan Bule juga sempat menjabat sebagai pejabat sementara Gubernur Jawa Barat. Sementara itu, Pria ini terkenal sangat tegas ketika masih memimpin Polda Metro Jaya.

Namanya pernah melambung saat dia menangani kasus kontroversial pembunuhan pengusaha Nasrudin Zulkarnaen yang melibatkan mantan Ketua KPK, Antasari Azhar.

Kemudian salah satu yang menjadi misi utamanya di PSSI adalah tata kelola kompetisi sepak bola nasional yang bersih dan transparan. Dia juga mengakui terus memantau kasus-kasus pengaturan skor di kompetisi profesional tanah air yang ditangani Satgas Antimafia Bola Polri.

Baca Juga:  Tiga Penyebab dan Cara Mengatasi Perut Kembung, Salah Satunya Akibat Menelan Udara

Dilansir dari CNNIndonesia.com, sebelumntya Iwan Bule sempat berjanji tidak akan rangkap jabatan dalam memimpin PSSI. Dia bercermin dengan sosok Ketua Umum PSSI sebelumnya, Edy Rahmayadi yang mundur dari organisasi itu setelah menjadi Gubernur Sumatera Utara.

“Pak Edy rangkap jabatan, saya saat ini belum pensiun tapi saya yakin akan diberikan kelonggaran. Saya pensiun pada April 2020, sekarang jabatan di Lemhanas tidak terlalu sibuk,” ujarnya.

Baca Juga:  Inilah Empat Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Untuk memajukan Timnas Indonesia, Iwan Bule juga punya keinginan terkait pemain naturalisasi. Dia pernah menegaskan tidak akan lagi merekomendasi naturalisasi para pemain asing yang sudah tak lagi muda.

“Naturalisasi ini sudah menjadi pembahasan saya. Jadi setelah saya bedah, ternyata memang [pemain naturalisasi Timnas Indonesia] umurnya tua-tua ya,” kata Iwan kepada para awak media.

Kemudian ditambahkannya, dirinya belum bisa memastikan tentang mengurangi atau menghapus, tegasnya bahwa kalau pemain naturalisasi tidak bagus, kenapa pemain kita [asli Indonesia] tidak dimaksimalkan. (Red)