bjb

Hati-Hati! BPBD Bandung Sebut Rawan Longsor Akibat Tanah Kering

Tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu di Bogor. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Musim kemarau yang cukup ekstrem dan berkepanjangan membuat retakan tanah yang timbul setelah kekeringan berpotensi longsor saat hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyatakan beberapa wilayah jika diguyur hujan akan sangat rawan terjadinya longsor.

"Karena ketika yang tadinya panas (kemarau) kering kerontang lalu berganti musim hujan, itu rawan terjadi longsor, soalnya banyak retakan di tanah," kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bandung, Hendra Hidayat. Sabtu (2/11/2019).

Meski setiap musim hujan wilayah Kabupaten Bandung kerap mengalami banjir, menurutnya masyarakat perlu lebih memerhatikan potensi longsor. Sebab menurutnya bencana longsor dapat lebih membahayakan keselamatan jiwa dibanding banjir.

"Kalau banjir genangan itu masyarakat sudah paham biasanya, kalau longsor yang berbahaya, harus lebih diperhatikan," kata dia.

Baca Juga:

Satu Desa di Indramayu Terancam Kekeringan Ekstrem

Terdampak Kekeringan, Lahan Pertanian di Garut Mulai Dilanda Kekeringan

Dengan demikian, ia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih siaga dalam menghadapi musim hujan yang berpotensi menyebabkan longsor.

Apalagi bencana longsor tersebut, rawan terjadi di beberapa daerah karena musim kemarau yang panjang menyebabkan banyak daerah yang mengalami keretakan tanah.

"Saya mengimbau kepada aparat kewilayahan di setiap daerah dengan potensi longsor untuk bisa waspada akan adanya bencana tersebut," pungkasnya. (Ara)


Tags : Musim Kemarau Kekeringan Gagal Panen BPBD Pemprov Jabar Tanah Longsor BPBD Bandung Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Lahan Pertanian di Daerah Jabar Terdampak Kekeringan

BPBD Karawang Siapkan 3 Langkah Atasi Kekeringan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi