DPRD Sukabumi: Geopark Ciletuh Harus Terus Ditingkatkan

JABARNEWS | SUKABUMI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, meminta kepada Pemerintah Kabupaten sukabumi untuk meniingkatan daya tarik wisatawan di Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

“Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini merupakan salah satu destinasi andalan Kabupaten Sukabumi sehingga, keberadaannya harus terus dilengkapi dan jaga agar daya tarik wisatawan untuk datang terus meningkat,” ujar Yudha, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Minggu (3/11/2019).

Kemudian menurutnya, Ptidak semua daerah di Indonesia mempunyai objek wisata yang lengkap seperti Geopark Ciletuh Palabuhanratu, maka dari itu, pihaknya meminta kepada Pemkab Sukabumi untuk fokus dalam membenahi, menambah dan memperbaiki sarana serta prasarananya.

Baca Juga:  Parah! DPRD Jabar Ungkap Calon Pekerja Kena Pungli Bisa Capai Rp15 Juta per Orang

Selain itu, melihat posisi geopark ini yang merupakan geopark dunia, tentunya harus diciptakan sebuah promosi yang lebih masif, agar bisa menggiring wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung.

Sementara itu, disadari pula mengenai kendala dalam pengembangan objek wisata tersebut, seperti diketahui kemacetan masih menjadi permasalahan utama baik yang datang dari arah Jakarta maupun Bandung.

Baca Juga:  BIJB Kertajati Menggeliat, DPRD Jabar Ingatkan Peluang Besar Bagi Investor

“Masalah kemacetan itu saat ini sudah semakin terkikis setelah pemerintah pusat membangun akses jalan untuk mempermudah masuknya wisatawan, investor dan lainnya ke Sukabumi seperti dibangunnya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dan Jalur Ganda Kereta Api Sukabumi-Bogor,” tambahnya.

Kemudian, Yudha mengatakan dengan adanya pembangunan ini tentunya Kabupaten Sukabumi sangat terbantu apalagi informasinya pemerintah pusat berencana membangun tol hingga Palabuhanratu dan ini akan sangat membantu tekait akses transportasi.

Baca Juga:  Sukses Garap Sektor Parawisata, DPRD Jabar Apresiasi Strategi Pencapaian PAD Pemprov DIY

“Tentunya, berbagai program pembangunan konektivitas transportasi yang dilakukan pemerintah di bawah Presiden RI Joko Widodo ini harus diimbangi oleh Pemkab Sukabumi dalam melakukan pembenahan dan mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada khususnya Geopark Ciletuh Palabuhanratu” Ujarnya.

Dalam menata objek wisata serta yang tidak kalah pentingnya adalah memberdayakan masyarakat sekitar dengan membuat berbagai kerajinan khas Sukabumi atau Geopark Ciletuh Palabuhanratu untuk kenang-kenangan wisatawan. (Ara)