Pemkab Bandung Raih Berbagai Penghargaan Pada Ecovillage Award 2019

JABARNEWS | BANDUNG – Kabupaten Bandung juga meraih enam penghargaan sekaligus untuk kategori Program Kampung Iklim (ProKlim), jumlah terbanyak di antara kabupaten/kota lainnya di Jabar. ProKlim merupakan program yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Selain itu, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser menerima penghargaan Ecovillage Award. Ia dinilai berhasil menciptakan Desa Berbudaya Lingkungan melalui Program Kampung Saber (Sabilulungan Bersih).

Penghargaan diterima Sekda Kabupaten Bandung, H. Teddy Kusdiana, dari Wagub Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, pada peringatan Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia Tahun 2019 di kawasan Waduk Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.

Baca Juga:  Duh! DPRD Jabar Ungkap Guru Honorer Masih Minim Perhatian Pemerintah

Sekretaris Daerah Bandung, Teddy Kusdiana mengungkapkan, Program Ecovillage di Kabupaten Bandung sudah berjalan selama tiga tahun. Tidak hanya perangkat daerah yang berperan, ucapnya, penanganan masalah sampah juga memberdayakan masyarakat setempat.

“Melalui pembentukan 75 kampung saber (sabilulungan bersih), kami melibatkan komunitas peduli lingkungan untuk menangani masalah sampah. Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi, baik bagi jajaran pemerintah maupun masyarakat, agar tetap konsisten berkontribusi menangani persoalan sampah di Kabupaten Bandung,” kata Sekda.

Program Ecovillage di Kabupaten Bandung, jelas dilanjutkan melalui Kampung Saber pada 75 desa/kelurahan. Program Kampung Saber memiliki indikator indikator utama. Pertama, tersusunnya peraturan desa (perdes) terkait pengelolaan lingkungan, kedua tersusunnya rencana aksi, dan ketiga terbentuknya kampung percontohan.

Baca Juga:  Jadi Penangkal Paham Radikal, DPRD Jabar Tekankan Pentingnya Lestarikan Nilai-nilai Pancasila

Program tersebut bertujuan meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain dalam penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Dia menyebutkan keenam kampung peraih proklim terbaik, antara lain Proklim Dusun 1 Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu, Dusun 2 Desa Sukamaju Kecamatan Cimaung, RW 8 Desa Bandasari Kecamatan Cangkuang dan Proklim RW 5 Desa Nagrog Kecamatan Cicalengka.

Baca Juga:  Hampir Seluruh DPC Gerindra se-Jabar Inginkan Gibran Jadi Cawapres Prabowo Subianto

Dua proklim lainnya berasal dari Kecamatan Ciwidey, yaitu RW 21 Desa Ciwidey dan RW 15 Desa Lebakmuncang.

“Mudah-mudahan raihan ini bisa menjadi pelecut bagi warga kampung lainnya, untuk bisa terlibat,” ujarnya.

Sementara Uu Ruzhanul Ulum menyebutkan, Peringatan Hari Habitat Sedunia bertujuan merefleksikan keadaan suatu daerah, dan pemenuhan hak dasar untuk memiliki tempat tinggal yang memadai. Manusia dalam aktivitasnya sudah pasti akan menghasilkan sampah.

Oleh karena itu, lanjutnya, pengelolaan lingkungan harus menjadi tanggungjawab bersama. Bahkan dia berharap, para tokoh agama dapat berperan besar dalam persoalan tersebut. (Red)