Bupati Serdang Bedagai Janji Bantu Perahu Untuk Pelajar Buntu Bulat

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Bupati Serdang Bedagai, Ir H Soekirman mengatakan akan memberikan bantuan perahu bagi pelajar dan warga Dusun 2 Buntu Bulat Desa Manggis, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, untuk menyeberangi Sungai Ular.

Seperti diketahui sejumlah pelajar dan warga Dusun 2 Buntu Bulat memilih menyeberangi Sungai Ular menggunakan rakit untuk mempersingkat jarak ketimbang menggunakan jalur darat yang lebih aman.

Baca Juga:  DPRD Jabar Tegaskan Raperda RPPLH Tidak Hanya Urusi Sampah

“Untuk membantu warga dan anak sekolah agar dapat nyaman melintasi Sungai Ular, Pemkab Serdang Bedagai akan memberikan bantuan perahu permanen agar dapat digunakan warga dan anak-anak sekolah,” kata Bupati Serdang Bedagai, Ir H Soekirman, Senin (4/11/2019).

Menurut Soekirman, Pemkab Serdang Bedagai sudah membangun jalan hotmic menuju jembatan permanen di aliran Sungai Ular, sehingga para orangtua bisa mengantar anaknya sekolah naik sepeda motor.

Baca Juga:  Rekomendasi Pansus VI DPRD Jabar terkait Raperda RTRW Jawa Barat 2022-2024

“Sebenarnya tidak perlu naik rakit karena sudah ada jembatan dan jalan hotmic menuju Dusun Buntu Bulat,” terang Soekirman.

Ia menjelaskan, warga masih memilih menggunakan rakit disebabkan lebih singkat. Bila menggunakan jalan umum melintasi jembatan harus memutar dengan jarak tempuh cukup jauh.

“Naik rakit anak sekolah lebih cepat sampai dari pada melintasi jembatan harus memutar,” ucap Soekirman.

Baca Juga:  Pembuatan Saluran Air Rumah Warga

Ia menambahkan, untuk membangun jembatan gantung harus digaji lebih mendalam, mengingat lebarnya Sungai Ular sehingga membutuhkan dana cukup besar. Selain itu sungai Ular membelah dua kabupaten yaitu Serdang Bedagai dan Deli Serdang.

“Kalau bangun jembatan gantung, dananya cukup besar, lagian sudah ada jembatan. Namun kita tetap upayakan membantu perahu mengantikan rakit bambu,” ujarnya. (CR3)