bjb

Kabupaten Kuningan Gelar Pilkades di 203 Desa

Antrian warga terlihat di salah satu TPS Pilkades di Kabupaten Kuningan, Minggu (3/11/2019). (Foto: Din/JabarNews)

JABARNEWS | KUNINGAN - Dari 361 desa yang ada di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, pemerintah daerah setempat saat ini menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di 203 Desa, Minggu (3/11/2019).

Antusias masyarakat untuk menentukan pimpinannya cukup tinggi, terbukti saat pelaksanaannya di TPS-TPS yang telah ditentukan oleh panitia masing-masing Pilkades, nampak sudah dipadati para calon pemilih.

Pelaksanaan Pilkades relatif sangat lancar, sepertinya baik panitia maupun masyarakat pemilih nampak sudah terbiasa.

Seorang warga Desa Kapandayan, Kecamatan Ciawigebang, Damsuki (69) mengaku jika mengikuti pelaksanaan Pilkades sangat penting seperti halnya Pileg dan Pilpres serta Pilkada.

"Pilkades untuk saya menjadi sangat penting artinya, sebab kepala desa adalah pimpinan kami yang setiap hari akan berinteraksi dengan warganya. Seperti biasanya bahwa interaksi dengan kepala desa nyaris dapat dilakukan dalam 24 jam," kata pria yang kesehariannya memiliki usaha pembuatan tempe tersebut, Minggu (3/11/2019).

Ia pun berharap, mayarakat dalam menentukan pilihannya betul-betul atas dasar pilihan yang obyektif yang tidak didasari atas pemberian atau janji-hanji manis dari pihak manapun.

"Hakekatnya Pilkades adalah sebagai ciri khas demokrasi model Indonesia," ujarnya.
Baca Juga:

TNI Polri Amankan Pilkades PAW Desa Cipinang

Tiga Desa di Purwakarta gelar Pilkades Hari ini


Sementara itu Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Kuningan H. Akhmad Faruk saat dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, Pilkades serentak tahun 2019 di 203 desa merupakan sebuah keniscayaan dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014.

Akhmad mengajak semua masyarakat menjadikan Pilkades ini sebagai ajang demokrasi sejati di tingkat desa sehingga dalam pelaksanaanya dapat berjalan dengan baik dalam suasana penuh kegembiraan. Dan tentunya perhelatan pesta demokrasi Pilkades ini jangan sampai merusak hubungan kekeluargaan dan persahabatan.

"Kita ingin Pilkades dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta menghasilkan calon kepala desa terpilih yang terbaik," harapnya.

Sebagai penutup Akhmad mengimbau masyarakat agar setelah selesai pesta demokrasi ini, segera hilangkan perbedaan dukungan yang selama ini ada dan dapat kembali bersatu serta bersama-sama memajukan desa demi kesinambungan pembangunan desa di segala bidang.

Untuk diketahui, dari pantauan Jabarnews.com, penghitungan suara di beberapa desa sampai berita ini diturunkan pukul 19.50 WIB masih berjalan. (Din)


Tags : Pilkades Kabupaten Kuningan DPMD Kabupaten Kuningan Pemkab Kuningan Berita Pilkades Pilkades Kuningan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi