bjb

Pemuda Wanayasa Sukses Gelar Milangkala Wanayasa ke-334

Panitia dan pemerintah kecamatan Wanayasa usai ziarah ke makam pendiri dan sesepuh Wanayasa. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Menutup Rangkaian Kegiatan Peringatan Milangkala Wanayasa ke 334 dan Sumpah Pemuda ke 91 yang dilaksanakan oleh pemuda-pemudi Wanayasa selama 9 hari sejak tanggal 26 November 2019, puluhan masyarakat Wanayasa terdiri dari ulama, para tokoh/sesepuh, pemuda melaksanakan ziarah ke makam Bupati I Wanayasa yakni R. Aria Sura di Kara I Di Pemakaman Dalem Aria di Desa Wanasa pada minggu (3/11/2019).

Menurut Ketua Panitia kegiatan ini, Rina Sri Nurbaeti, menyatakan bahwa kegiatan terakhir ini dinamakan Mapay Lacak Sejarah Wanayasa.

"Selama sembilan hari kita melaksanakan kegiatan memperingati Milangkala Wanayasa ke 334 dan Sumpah pemuda ke 91, berbagai kegiatan kita laksanakan mulai dari bazar, pameran, kesenian, Musik, Tabligh Akbar, senam tera, aneka lomba, dialog Kebangsaan, diakhiri melaksanakan ziarah makam ke Makam Bupati I Wanayasa, R.Aria Sura di Kara I, untuk mengenang jasa leluhur wanayasa sebagai bupati I Wanayasa” ujarnya, Senin (4/11/2019).

Sementara itu menurut Camat Wanayasa, Jaya Pranolo bahwa wanayasa mempunyai catatan panjang sejarah di tatar priangan.

Banyak versi dan teori yg mendefinisikan nama "Wanayasa". Menurut versi kisah sejarah yg beredar di masyarakat, Wanayasa itu berarti "hutan belantara yg kemudian dijadikan daerah perkampungan.

"Pembukaan daerah baru itu, diprakarsai oleh R. Aria Sura di Kara dan R. Raksanagara (Sumedang), setelah sebelumnya "ngababakan" di derah yg sekarang bernama Desa Babakan. Perkampungan baru itu, terletak di sepanjang kali Cocok Bubu. Pengerjaannya dimulai tepat pada hari Senin, pukul 9 pagi, tgl 7 Rabiul Awal 1107 H.” ujar Jaya.

Baca Juga:

Pemkab Purwakarta Mendorong Kelompok Tani Lakukan Korporasi

Di Purwakarta Ada Gubuk 2x4 Meter Ditempati 8 Orang

“Selama menjadi kabupaten, beberapa tokoh tercatat pernah menjabat bupati di Wanayasa. Diantaranya, R. Aria Sura di Kara I, Dalem Panengah, R. Raja di Nata, R. Sura di Kara II, R. Sura di Kara III, dan R. Sura di Kara IV (Dalem Sumeren). Nama-nama tersebut merupakan tonggak bagi sejarah pemerintahan di Wanayasa. Bahkan tidak dapat dipungkiri pula bahwa mereka merupakan perintis pemerintahan di daerah yg kini bernama Kabupaten Purwakarta" tegasnya.

Camat sangat mengapresiasi terhadap kinerja Panitia kegiatan yang diprakarsai oleh pemuda-pemudi Wanayasa untuk mengisik kegiatan yang terbilang pertama kali dilaksanakan dalam rangka Milangkala Wanayasa dan Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini.

"Kegiatan Milangkala Wanayasa ini atas inisiatif para pemuda Wanayasa, dan wajib untuk kita dukung bersama. Maka dari itu saya sangat mengapresiasi dan merasa bangga akan semangat para pemuda pemudi yang ada di Wanayasa ini. Yang Paling penting acara milangkala ini adalah wadah kebersamaan dalam kegembiraan. Semuanya berbaur dan berkumpul silaturahmi semua warga dari berbagai desa yang ada di Kecamatan Wanayasa," jelasnya.

Sejalan dengan Camat, salah satu Tokoh Wanayasa yang hadir pada acara ini yaitu Bapak Uda Herman sangat mendukung atas kegiatan ini, terutama dalam hal Ziarah Ke makam para Tokoh Pendiri Wanayasa.

"Baru pertama kali diadakan kegiatan seperti ini, apalagi masyarakat hadir dan mendoakan para leluhur Wanayasa yang telah berjasa dan menanamkan nilai2 kebaikan bagi masyarakat wanayasa. Kita doakan arwah para pendiri Wanayasa berada pada tempat terbaik di sisi Allah SWT, Amiin," ungkapnya. (Gin)


Tags : Milangkala Wanayasa Pemkab Purwakarta Wawasan Kebangsaan Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Pemkab Purwakarta Sisir Tiap Desa Gali Potensi Wisata

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi