bjb

Pemkab Cianjur Anggarkan Proyek Trotoar Rp.13 Miliar

Revitalisasi trotoar di salah satu ruas jalan di Cianjur. (Foto: Mul/Jabarnews)

JABARNEWS | CIANJUR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur melalui Dinas PUPR Bidang Preservasi Jalan tengah gencar penataan pembangunan dan merevitalisasi trotoar di dalam kota. Tak tanggung-tanggung nilai anggaran cukup besar sekitar Rp 13 miliar di tujuh titik pembangunan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019. 

Kepala Bidang Preservasi Jalan Dinas PUPR (Binamarga) Kabupaten Cianjur, Didi Sunardi mengatakan, saat ini sedang berjalan di dalam kota yaitu terdiri dari tujuh paket, dari lokasi kegiatan diantaranya Jalan Hasyim Asy'ari, Jalan Siliwangi, Jalan Otista, Jalan Ir H Juanda sekarang sudah dibeger mulai pelaksanaan pekerjaan sesuai anggaran untuk suluruh nama tersebar.

"Ya di masing-masing lokasi. Total anggaran tujuh titik lokasi atau paket jumlah sekitar Rp13 miliar," katanya saat dihubungi langsung, Senin (4/11/2019).

Didi menyambungkan, proyek taman dan trotoar saat ini sedang dikebut adalah fasilitas pejalan kaki, dan pemanfaatan lahan yang ada ditanam pelindung beberapa jenis pohon. Diutamakan itu, meskipun hanya sebatas menggunakan lahan yang ada, tapi juga dari keadaan sebenarnya semula.

"Nah, yaitu trotoar yang ada di jalan kaki. Kemudian ramah lingkungan," ujar Kepala Bidang Preservasi Jalan Dinas PUPR (Binamarga) Kabupaten Cianjur, Didi Sunardi.

Hal senada ia menambahkan, media seperti beberapa jenis tanaman hias, dan tanaman pelindung ada di sepanjang taman itu sebagai penyejuk, biar nampak terlihat indah, nyaman dan masyarakat bisa menikmati suasananya.
Baca Juga:

Jembatan Menuju Objek Wisata Pantai Sialang Buah Rusak

Ampun! Bupati Indramayu Kena OTT KPK


Menurutnya, mengenai masa pemeliharaan sendiri setelah selesai pekerjaan serahterima pemeliharaan selama enam bulan masih tanggung jawab kontraktor, yang mengerjakan atau pihak penyedia. Karena setelah sekitar enam hingga delapan bulan ke depan lepas masa pemeliharaan.

"Nanti akan kita serahkan ke masing-masing pengelolaan, diantaranya untuk memeliharanya. Kemudian soal penerangannya ke Dinas Perhubungan Cianjur, seperti itu nanti ada apa tindaklanjut," beber Didi.

Sambungnya, Pemkab Kabupaten Cianjur, melalui Dinas PUPR Bidang Preservasi Jalan, bisa menjaga dan merawat dengan baik. Saat ini, selama pekerajaan pasti terganggu lalu lintasnya. Tapi lihat manfaat kedepan, secara kontinyu. Artinya, masyarakat bisa menjaga kelestarian, kebersihan, dan memeliharanya. Sehingga bisa terjaga taman dan trotoar. Supaya para pejalan kaki itu benar-benar pamenikmati dan merasa nyaman.

"Mohon maaf kepada masyarakat merasa terganggu, seperti halnya pemilik masing-masing toko atau rumah tinggalnya dekat atau samping pusat kota sepanjang taman dan trotoar. Agar bersabar," pungkasnya. (CR2)


Tags : Pembangunan Trotoar Revitalisasi Trotoar Dinas PUPR Pemkab Cianjur APBD Cianjur Proyek Taman Alun-Alun Cianjur Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Cianjur

berita terkait

Warga Desak Pemkab Bekasi Selesaikan Jalan Kalimalang

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi