Masyarakat Purwakarta Meriahkan Pergantian Tahun Baru Islam Dengan Pawai Obor

JABARNEWS | PURWAKARTA – Masyarakat Kabupaten Purwakarta menyambut dengan meriah Tahun baru Islam 1441 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 1 September 2019. Berbagai daerah di Kabupaten Purwakarta menggelar pawai obor pada momen pergantian tahun baru Islam tersebut.

Seperti halnya di Desa Bojong Timur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, nampak ratusan warga sangat antusias mengikuti pawai obor di wilayah tersebut.

“Warga sangat antusias menyambut Tahun Baru Islam dengan semarak dengan menggelar istighasah dan pawai obor berkeliling Desa Bojong Timur,” kata Kepala Desa Bojong Timur, Dedi Junaedi, saat ditemui tengah melakukan Pawai Obor diwilayahnya, Sabtu malam (31/8/2019).

Baca Juga:  Soal HGU di Batulawang Cipanas Cianjur, Ini Penjelasan Kuasa Hukum PT MPM

Menurutnya, makna Tahun Baru Hijriyah ini adalah proses perbaikan diri, berpindah dari pikiran negatif ke positif, dari perkataan tidak baik menjadi baik, perilaku buruk menjadi sehat.

“Sebagai orang tua dan aparatur menjadi tokoh bagi masyarakat dan harus menjadi figur terbaik baik perbuatan, kalimatnya, dan ide-idenya dengan baik kepada masyarakat. Dengan begitu kami melakukan perbaikan dari segi pelayanan Desa, dan menciptakan situasi Bojong Timur yang aman, nyaman serta kondusif,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ini Faktor Harga Daging Ayam dan Cabai Masih Melambung Tinggi

Ia menambahkan, Tahun Baru Hijriyah dapat menjadi momen untuk mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam rangka amar ma’ruf nahi munkar.

“Pawai obor ini merupakan cara kami dalam menyambut tahun baru Islam sebagai bentuk kebanggaan,’’ tambahnya.

Dalam momentum peringatan tahun baru Hijriyah ini, lanjut Dedi, semua masyarakat Desa Bojongtimur berkomitmen memperbaiki diri dan mendoakan Kabupaten Purwakarta sangat kondusif, aman, dan nyaman tetap bisa seperti saat ini.

Baca Juga:  Komisi A Puji Kreatifitas Peserta Sayembara Logo HJKB

Selain itu, lanjut dia, masyarakat Desa Bojong Timur juga berdoa untuk warga Papua dan cepat selesai masalah di sana.

“Kita juga mendoakan saudara-saudara kita yang berada di Papua sana semoga cepat selesai dan diberikan kesehatan serta keselamatan untuk para petugas TNI-Polri yang berjaga,” ujarnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat