Kisah Mistik Ikan Mas Misterius Jadikan Ciamis Makin Eksotik

Ikan mas itu diperkirakan memiliki panjang dari 60 sentimeter hingga 90 sentimeter. Dengan berat bisa mencapai 8 kilogram.

Ikan mas misterius di Sungai Cisadap. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | CIAMIS - Menyinggahi Kabupaten Ciamis, Kabupaten ini berada di bagian tenggara Jawa Barat, berbatasan dengan Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan di utara, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah) dan Kota Banjar di timur, Kabupaten Pangandaran di selatan, serta Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya di barat.

Siapa yang tak kenal dengan Galendo, makanan khas Ciamis ini bisa dikenal semua orang bahkan sudah menembus pasar dunia. Namun lupakan sejenak soal itu, cobalah menengok lebih jauh dari wilayah tatar galuh lainnya.



Kemunculan ikan mas besar misterius di Sungai Cisadap, Dusun Kedung, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Ciamis, hebohkan warga. Seiring dengan penglihatan ikan besar itu, cerita mitos pun tersebar.

Ki Etom Sartam (83), sesepuh di wilayah tersebut menceritakan, dahulu ada sepasang suami istri bernama Nyi Greyot dan Ki Greyot. Kemudian keduanya membangun bendungan di sungai tersebut menggunakan kayu pohon kelapa. Setelah bendungan dibangun, dua ikan mas masukkan ke sungai itu. Bendungan itu dibangun untuk mengairi lahan sawah dan perairan di wilayah tersebut.

"Sejak saya kecil memang ikan ini sudah ada. Saat ikan ini ditanam di sini, keduanya berpesan agar ikan tersebut dibiarkan dan jangan ada yang menangkapnya. Karena bila ditangkap akan terjadi sesuatu kepada orang yang menangkapnya," ujar Ki Etom saat ditemui di lokasi sungai, dilansir detikcom Senin (4/10/2019).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Cerita Mitos Galendo Ciamis Sungai Cisadap Ikan Mas Besar Kabupaten Ciamis Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Ciamis

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi