GBS Jadi Tempat Pelantikan Kades Terpilih Kabupaten Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Sebanyak 199 kepala desa terpilih pada pemilihan serentak periode 2019-2024 nantinya akan dilantik di Gedong Budaya Sabilulungan (GBS). Hal ini diinginkan oleh Bupati Bandung, Jawa Barat, H. Dadang M. Naser untuk efektifitas pengamanan.

“Saya ingin kades yang menang dilantiknya di GBS dalam dua waktu, seperti halnya pelantikan bupati walikota yang dilaksanakan di Gedung Merdeka. Kalau dilaksanakan secara parsial di masing-masing kecamatan, pengamanannya berat. Ini sudah saya diskusikan dengan pihak kepolisian,” kata bupati, saat Rapat Evaluasi Pilkades Serentak 2019 di Soreang, Senin (4/11/2019).

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Warga Jakarta Jangan Dulu ke Puncak, Kenapa?

Bupti mengapresiasi seluruh stake holder dalam pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa tersebut. Evaluasi, menurut dia perlu terus dilakukan untuk disampaikan kepada Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga:  Dianggap Terlalu Lama, Ridwan Kamil Usulkan Vaksinasi Covid-19 Rampung Dalam Enam Bulan

“Pilkades berbeda dengan pilpres atau pileg, karena dilakukan secara head to head (para calon berhadapan langsung). Bebannya juga cukup berat bagi sebuah kabupaten yang desanya banyak dan ini memerlukan evaluasi yang kuat untuk disampaikan kepada kemendagri,” katanya.

Diketahui, pilkades yang berlangsung di 199 desa tersebut diikuti sebanyak 759 calon kades dan dilakukan di 2.094 TPS. Tahun ini, incumbent yang mengikuti pilkades berjumlah 159 orang.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Forkopimda Kompak dan Semangat Tangani Covid-19

Pelantikan ini nantinya akan ditandai dengan pengucapan sumpah dan janji jabatan dilanjutkan dengan pemasangan pangkat dan tanda jabatan oleh Bupati Bojonegoro, dengan disaksikan oleh Pimpinan Forkopimda Bojonegoro, pimpinan SKPD serta tamu undangan yang hadir. (Red)