Inilah Beberapa Cara Menjaga Paru-Paru Supaya Sehat

JABARNEWS | BANDUNG – Paru-paru memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Ketika paru-paru bermasalah, pernapasan kita juga ikut bermasalah karena organ yang berperan untuk memompa oksigen ke seluruh pembuluh darah tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

dengan demikian, perlunya setiap orang untuk menjaga paru-paru dengan baik. beberapa cara bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat. berikut, merupakan beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru:

Jauhkan dari asap rokok dan debu

Rokok bukan hanya menyerang perokok aktif, tapi juga perokok pasif. Meskipun Anda tidak merokok, tapi jika asap rokoknya sampai terhirup maka Anda juga berpotensi terkena penyakit paru-paru.

Penelitian menyebutkan, menjadi perokok pasif lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif karena perokok pasif menghirup lebih banyak asap daripada perokok aktif. Jika Anda sering berada di lingkungan pergaulan perokok aktif, sebaiknya menjauhlah.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Wilayah Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Turun, Tapi..

Jauhi kebiiasaan minum alkohol

Sadar atau tidak, alkohol yang Anda konsumsi dalam sebotol minuman dapat menyebabkan penyumbatan pada paru-paru, sehingga pernapasan dapat terganggu. Oleh karena itu, kurangi konsumsi minuman beralkohol.

Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak minum air putih, jus-jus segar, atau susu beruang agar gumpalan asap rokok pada paru-paru bersih seperti semula.

Terapkan pola makan sehat

Perpaduan makanan bergizi dan susu murni dipercaya ampuh membersihkan paru-paru. Hindari jenis makanan yang dapat menimbulkan atau memperparah penyakit paru-paru, seperti makanan yang terlalu manis dan mengandung klorin yang tinggi.

Olahraga ringan setiap pagi

Jadilah orang yang aktif. Aktif dalam arti rutin berolahraga agar kinerja paru-paru semakin meningkat. Dengan olahraga teratur, kinerja jantung akan meningkat secara otomatis sehingga suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan bertambah banyak. Dan hasilnya, Anda terhindar dari penyakit paru-paru.

Baca Juga:  Survei Y-Publica: Prabowo Capres Terkuat, Disusul Ganjar dan Ridwan Kamil

Olahraga tidak perlu terlalu lama. 10 – 20 menit setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan kinerja paru-paru dan membuat tubuh semakin sehat. Untuk jenis olahraganya sendiri bebas, seperti lari, senam, pilates, atau zumba.

Jaga kebersihan udara sekira

Mengingat jumlah polusi udara di Indonesia terlalu banyak, begitu juga dengan kebersihan udara di rumah. Untuk meredam polusi udara yang masuk lewat jendela atau pintu, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah atau menanam pohon di sekitar pekarangan rumah.

Tanaman hijau dikenal sebagai penyerap zat karbon dan penyuplai oksigen terbaik yang akan membuat lingkungan di sekitar rumah Anda lebih sejuk.

Hinari bau tajam

Barang-barang yang memiliki bau tajam, seperti bau busuk atau bau basi dapat menyebabkan kinerja paru-paru terganggu. Karena pada saat bau tersebut masuk ke hidung, bulu hidung tidak dapat bekerja maksimal untuk menyaring bau. Alhasil, bau tersebut langsung masuk ke saluran pernapasan dan melemahkan kinerja saluran pernapasan.

Baca Juga:  Petani Asal Arjasari Ekspor Ubi Jalar ke Hongkong, Ridwan Kamil Merasa Bangga

Jika Anda memiliki penyakit paru-paru, sebaiknya menjauhlah dari segala jenis sumber baru. Jika bau tersebut sudah masuk ke hidung, sebaiknya hirup benda-benda yang dapat menetralisir bau tersebut, seperti aromatherapi atau bubuk kopi.

Lakukan Check Up Secara Rutin

Kondisi paru-paru Anda akan segera membaik jika Anda mau menerapkan 7 cara menjaga paru-paru di atas. Jika penyakit paru-paru bertambah parah, sebaiknya lakukan check up secara rutin ke dokter paru untuk mengetahui perkembangan kondisi paru-paru yang sebenarnya. (Red)