Zakat, Salah Satu Solusi Turunkan Kemiskinan di Tanah Air

JABARNEWS | BANDUNG – Persoalan mengenai permasalah kemiskinan memang selalu menjadi isu sentral yang dihapi oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan salah satunya dengan Keberadaan Badan Amal Zakat.

Menurut Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat, mengatakan bahwa dengan keberadaan zakat memang sangat penting, bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan angka kemiskinan di masyarakat.

Baca Juga:  Michelle Ziudith 'Calon Bini' Rizky Nazar

“Salah satu solusi untuk menurunkan angka kemiskinan di daerah kita adalah dengan adanya Badan Amil Zakat yang menghimpun zakat dari masyarakat. Kami berharap zakat bisa menurunkan kemiskinan tak hanya di Jabar tapi Indonesia,” ujar Uu Wagub Jabar, Selasa (5/11/2019).

Kemudian menurut Uu, apresiasi terhadap acara Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2019, diarapnya bisa mengoptimalkan potensi zakat di anah Air.

Baca Juga:  Jamaah Calon Haji Diusulkan Jadi Prioritas Vaksin Covid-19

“Zakat sangat kuat berpotensi menjadi solusi untuk menurunkan angka kemiskinan, dengan zakat bisa membuat berbagai program bantuan sosial dan pendidikan,” ujarnya

Selain itu, Konferensi internasional bertajuk “Optimizing Global Zakat Role trough Digital Technology, dihadiri anggota asosiasi, seperti IDB, UNICEF, D-8, UNDP, dan Bank Indonesia. BAZNAS se-Indonesia, pimpinan daerah dan dinas terkait, akademisi dan peneliti, Lembaga Amil Zakat, Rumah Zakat, organisasi non pemerintah, perwakilan institusi multinasional, mahasiswa, dan masyarakat umum juga ikut berpartisipasi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo, Beberapa masalah mungkin akan datang dan membuat Anda jengkel

Seperti diketahui acara konferensi internasional World Zakat Forum (WZF) 2019, tahun ini di selenggarakan di Bandung pad 5-7 November 2019. Membahas beberapa isu dan salah satu topik yang diangkat bagaimana mengoptimalkan zakat dengan teknologi digital.(Red)