bjb

Membangun Ketahanan Ekonomi Keluarga Lewat UMKM

Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keuarga Berenca Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan, saat meninjau salahsatu UMKM di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menjadi pilar ketahanan keluarga. UMKM memiliki potensi untuk menghadapi perekonomian yang semakin berat.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keuarga Berenca (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan.

Menurutnya, UMKM memiliki potensi untuk menghadapi perekonomian yang semakin berat.

“Jika perekonomian keluarga berdaya selanjutnya pembangunan juga akan sukses. Oleh karena itu ketahanan ekonomi keluarga perlu dijaga jangan sampai rentan karena akan menimbulkan masalah,” tutur Fata, saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (5/11/2019).

Dia menambahkan, Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan global, yakni Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai diberlakukan tahun depan.

“Makanya ketahanan ekonomi harus dijaga. Ini dimulai dengan ketahanan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Kedepan, Fata ingin UMKM menjadi usaha yang kreatif. Selain ketahanan ekonomi keluarga, penting juga pendidikan agama, agar anak tumbuh menjadi manusia yang berakhlak dan memiliki sopan santun serta budi pekerti yang baik.

“Ajak anak mengaji setelah Maghrib dan ajarkan mereka untuk taat beribadah. Ini penting agar anak-anak kita tak terjerembab ke dunia kenakalan remaja yang saat ini lagi marak," pungkasnya. (Gin)


Tags : Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM Purwakarta Ketahanan Keluarga DPPKB Purwakarta Masyarakat Ekonomi Asean Ketahanan Ekonomi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi