Membangun Ketahanan Ekonomi Keluarga Lewat UMKM

JABARNEWS | PURWAKARTA – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menjadi pilar ketahanan keluarga. UMKM memiliki potensi untuk menghadapi perekonomian yang semakin berat.

Hal tersebut diungkapkan Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keuarga Berenca (DPPKB) Kabupaten Purwakarta, Fata Faridulhisan.

Menurutnya, UMKM memiliki potensi untuk menghadapi perekonomian yang semakin berat.

Baca Juga:  Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sukabumi, Ini Pengakuan Kades Cimerang

“Jika perekonomian keluarga berdaya selanjutnya pembangunan juga akan sukses. Oleh karena itu ketahanan ekonomi keluarga perlu dijaga jangan sampai rentan karena akan menimbulkan masalah,” tutur Fata, saat ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (5/11/2019).

Dia menambahkan, Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan global, yakni Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang mulai diberlakukan tahun depan.

Baca Juga:  Ombak Pasang, DPKPB Himbau Warga Pesisir Waspada

“Makanya ketahanan ekonomi harus dijaga. Ini dimulai dengan ketahanan ekonomi keluarga,” ujarnya.

Kedepan, Fata ingin UMKM menjadi usaha yang kreatif. Selain ketahanan ekonomi keluarga, penting juga pendidikan agama, agar anak tumbuh menjadi manusia yang berakhlak dan memiliki sopan santun serta budi pekerti yang baik.

Baca Juga:  DPRD Purwakarta Datangi Distarkim

“Ajak anak mengaji setelah Maghrib dan ajarkan mereka untuk taat beribadah. Ini penting agar anak-anak kita tak terjerembab ke dunia kenakalan remaja yang saat ini lagi marak,” pungkasnya. (Gin)