aqua

DLHK: Tiap Harinya 18,5 Ton Sampah Kota Bandung ke DAS Citarum

rta rata sekitar 400 sampai 500 kilogram sampah yang ada di 37 jaring yang di pasang tersebar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Tumpukan sampah yang menyumbat aliran air Sungai (foto: antara)

JABARNEWS | BANDUNG - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mencatat setiap harinya ada sekitar 400 sampai 500 kilogram sampah yang dibuang ada di 37 jaring yang tersebar di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Dan Edukasi DLHK Kota Bandung, Syahriani menyebut sampah tersebut terdiri dari berbagai jenis sampah, kurang lebih 18,5 ton sampah per hari yang dibuang ke 33 anak Sungai Citarum di wilayah Kota Bandung.

Baca Juga:

Mardani H Maming: BJ Habibie Merupakan Sosok Idola Kaum Milenial

Pelajar SD di Purwakarta Ini Miliki Banyak Prestasi di Olahraga Sepatu Roda



"Jadi itu (jaring) dipasang kalau aliran airnya tenang, karena kalau air sungainya deras malah membuat jaring jadi jebol, yang bahayanya kalau malah menyebabkan air meluap keluar sungai,"

Kemudian menurutnya, sampah yang tersangkut di jaring itu diangkut oleh petugas DLHK dan petugas Citarum Harum. Namun ketika air sungai cukup deras, ia mengatakan jaring tersebut dilepas, sebab dikhawatirkan mengakibatkan air terhambat.

Sementara itu , menurut dia pembangunan yang cukup masif di kawasan utara turut menjadi penyebabkan derasnya aliran sungai ke hilir sungai. Sebagai dampaknya, debit air yang besar tak mampu ditampung oleh sungai dan meluap hingga ke jalan dan pemukiman warga di Kota Bandung.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Das Citarum Sampah Citarum Sungai Citaruum Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Parah! Video Tidak Senonoh Kian Menjamur

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi