Bangunan Ikonik di Bekasi Ini Akan Disulap Menjadi Museum

Mulai tahun depan Gedung Juang akan beralih fungsi menjadi museum dengan menghabiskan anggaran Rp38 Miliar

Gedung Juang 45 Bekasi menjadi salah satu bangunan ikonik yang bersejarah di Bekasi. (Foto: Wartakota)

JABARNEWS | BEKASI - Mungkin belum banyak yang tau mengenai Gedung Juang itu. Gedung Juang di Kabupaten Bekasi sudah ada sejak zaman penjajahan. Gedung Juang yang didominasi berwarna putih itu juga dikenal dengan nama Landhuis Tamboen itu punya gaya arsitektur Art Deco. Di mana gaya ini memperhatikan detail ornamentasi bangunan.

Mulai tahun depan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat akan menyulap Gedung Juang di Kecamatan Tambun Selatan akan beralih fungsi menjadi museum dan pusat kebudayaan daerah setempat.

Baca Juga:

Bocah SD Tewas Setelah Bus Rombongan Haji Sukabumi Tabrak Pagar

Bekasi Dipercaya Jadi Tuan Rumah Pra PON Cabang Sepatu Roda



"Rencananya proses pembangunan museum dan pusat kebudayaan Gedung Juang dimulai tahun depan. Estimasi anggarannya sebesar Rp38 miliar," kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Suwartika di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Kamis (7/11/2019).

Saat ini anggaran yang diusulkan pihaknya tengah dibahas di legislatif melalui pembahasan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

"Sedang dibahas di dewan tinggal tunggu diparipurnakan saja. Kita usulkan dua tahap pembangunan tapi saya dengar DPRD pengennya satu tahap saja. Kita tinggal lihat saja nanti keputusannya seperti apa," ungkapnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Gedung Bersejarah Gedung Juang Disbudpora Bekasi Museum Bekasi KUA-PPAS DPRD Bekasi Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

DPRD Jabar Dorong De Majestic Jadi Tonggak Seni Budaya

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi