DPRD Jabar Sesalkan Gedung Negara Cirebon Dialihfungsikan

Rencananya Gedung Negara akan berubah fungsi sebagai pusat kreativitas (creative center).

Gedung Negara Cirebon. (Foto: Instanbooking)

JABARNEWS | CIREBON - Bangunan heritage sangat mengandung nilai penting unsur kebudayaan. Bangunan heritage mampu memberi ikatan dalam suatu komunitas dan menciptakan unsur landmark suatu tempat. Seperti yang ada di Kabupaten Cirebon, yakni Gedung Negara.

Gedung negara yang sebelumnya berfungsi sebagai kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) Wilayah III Kabupaten Cirebon rencananya akan berubah fungsi sebagai pusat kreativitas (creative center).

Baca Juga:

Meriahkan HUT Indonesia, Pemkab Garut Gelar Empat Festival

Keterlibatan TNI Dalam MPLS Untuk Tanamkan Nasionalisme



"Gedung ini telah dinobatkan sebagai bangunan heritage merupakan bangunan bernilai sejarah tinggi peninggalan Belanda. Selain itu, bangunan di sekitar gedung tersebut saat ini dalam proses pengerjaan pusat kebugaran," kata Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, Sadar Muslihat, di Bandung, Kamis (7/11/2019).

Menurut Sadar, dinilai tidak sinkron dengan bangunan utama yakni sebagai gedung negara dan sangat menyesalkan alihfungsi tersebut. Oleh karena itu pihaknya menyesalkan pemanfaatan aset Pemprov Jabar tidak sesuai dengan bangunan utamanya.

"Karena gedung negara ini sebagai heritage, tentu dalam ukurannya sudah ditentukan dalam undang - undang," ujar Sadar.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Bangunan Heritage Kebudayaan Gedung Negara Cirebon Creative Center BKPP Cirebon DPRD Jabar Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Ridwan Kamil: Acara Wisata Jabar Akan Digelar Dua Hari Sekali

Presiden Perintahkan Evaluasi Sistem Zonasi dalam PPDB

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi