Miris.. Perkara Tidur Siang Oknum PNS Ini Saling Baku Hantam

JABARNEWS | MAROS – Aksi tak terpuji terjadi oleh dua oknum Pegawi Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Maros yang terlibat adu jotos yang terjadi dipicu lokasi tidur siang di sebuah gudang yang biasa dijadikan tempat tidur siang.

Kedua PNS itu berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Maros. PNS yang terlibat perkelahian adalah Jumaintan dan Mahmud.

Menurut pengakuan Mahmud sebelumnya menegur Jumaintan untuk tidak tidur siang di area gudang.

“Saya tegur karena dia mau masuk ke dalam gudang dan gudang saya kunci,” kata Mahmud, yang terlibat perkelahian di kantor Pemda Maros, Sulsel, Selasa (29/10/2019).

Karena teguran larangan masuk itu, Mahmud menyebut Jumaintan langsung naik pitam dan menyerang dirinya. Jumaintan sebelumnya telah menantang Mahmud untuk berduel meski Mahmud mengatakan telah mengajak Jumaintan bicara baik-baik.

Baca Juga:  KAM-C Desak Dirut RSUD Pagelaran Dicopot Dari Jabatannya

Jumaintan langsung pergi meninggalkan kantornya setelah adu jotos itu. Menurut pengakuan salah seorang PNS, Yulianti, Jumaintan langsung menuju kantor polisi. Yuli sendiri menyebut gudang yang menjadi pangkal perkelahian kedua PNS memang kerap digunakan Jumiantan untuk beristirahat.

“Gudang itu tempatnya istirahat. Kalau siang dia masuk tidur siang dan kalau saat sore dia keluar untuk absen saat orang sudah mulai pulang kerja,” terangnya.

Setelah melapor kejadian itu, Jumaintan mengaku dirinya tak memukul Mahmud, melainkan malah dia dibanting oleh Mahmud. Dia meminta agar Mahmud diproses secara hukum.

Jumaintan mengatakan kasusnya ini segera diurus oleh pihak Satpol PP dan penegak hukum. Dia berharap ASN yang terlibat perkelahian dengan dirinya dihukum tegas. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Maros Agustam meminta masalah itu diselesaikan secara kekeluargaan

Baca Juga:  Kabar Heboh dari Tasikmalaya: Dua Janin Bayi Ditemukan di Awipari, Masih Berusia Lima Bulan!

Sementari itu, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) geleng kepala melihat tingkat dua PNS di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang terlibat adu jotos gara-gara masalah lokasi tidur siang. KASN meminta atasan kedua PNS itu segera mengambil tindakan tegas.

“Panggil, periksa, terbukti, beri sanksi yang setimpal sesuai ketentuan,” kata Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto, Selasa (29/10/2019) malam.

Dia mempertanyakan niat PNS yang hendak tidur siang saat kerja. Menurutnya, kalau memang sudah tak berniat bekerja sebagai PNS, lebih baik mundur saja.

“Dari rumah niatnya mau kerja atau tidur. Kalau sudah nggak niat kerja berhenti atau diberhentikan saja sebagai PNS. Masih banyak kok orang-orang yang baik dan mau menjadi PNS,” ujarnya.

Baca Juga:  Relawan RINDU Luncurkan AVATAR

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Maros Agustam meminta masalah itu diselesaikan secara kekeluargaan.

“Terkait hal itu, sebaiknya permasalahan seperti ini kan sebaiknya ditangani secara berjenjang dulu melalui atasan langsung ataupun pimpinan OPD-nya (organisasi perangkat daerah),” kata Agustam.

Agustam mengaku belum mengetahui akar permasalahan perkelahian itu. Dia menyebut saat itu sedang berada di Kota Makassar untuk menghadiri rapat.

“Istilahnya kan mereka satu keluarga. Ada mungkin kakak tertua, ada mungkin jadi orang tua, mestinya diselesaikan secara internal dulu lah kalau memungkinkan,” terang Agustam. (Red)