Polres Purwakarta Gelar Nobar Film Hanya Manusia

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jajaran Polres Purwakarta menggelar nonton bareng (Nobar) film Hanya Manusia garapan Mabes Polri Divisi Hubungan Masyarakat di CGV Sadang Terminal Square (STS), Purwakarta, pada Jumat (8/11/2019) petang.

Selain jajaran Polri, tampak juga anggota TNI, sejumlah awak media, dan beberapa masyarakat umum di Kabupaten Purwakarta.

Dengan film tersebut, Polres Purwakarta mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan akan tindak kejahatan yang nyata adanya.

“Bagi masyarakat, film itu tentunya bisa memberikan gambaran agar lebih berhati-hati. Kita harus waspada dan memang kejahatan seperti dalam film benar adanya di dunia nyata,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius, Sabtu (9/11/2019).

Ia menambahkan, dalam film berdurasi 90 menit ini disampaikan pula pesan bahwa praktek perdagangan orang (human trafficking) bisa terjadi dengan berbagai macam modus operandi, namun yang digambarkan dalam film ini modus operandinya adalah penculikan.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Segera Sosialisasikan Poin-poin Omnibus Law

“Melalui film ini juga menyampaikan pesan moral terutama untuk generasi muda saat ini, jangan mudah percaya kepada orang yang baru kita kenal, apalagi sampai menawarkan pekerjaan yang tidak jelas yang ujungnya nanti akan menjadi korban perdagangan orang (human trafficking),” ungkap Matrius.

Selain itu, tambah dia, film Hanya Manusia menceritakan sebuah tugas dan tanggung jawab personel Polri dalam menindak kejahatan dan beban yang harus dihadapinya. Apalagi, mereka juga memiliki keluarga yang turut dijaga.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Disertai Petir

Dalam film ini diceritakan bagaimana seorang perwira muda yang harus berbagi waktu antara tugas dan keluarga. Dengan film ini diharapkan bisa membuat masyarakat dan Polri lebih bersinergi lagi untuk menekan angka kriminalitas.

Kesan dan pesan dalam film tersebut, tambah Matrius, yakni soal peran yang paling diutamakan oleh polisi dalam mengayomi masyarakat. Dalam menjalankan tugas, Polri selalu menjalin kebersamaan dengan pemerintah dan TNI.

“Kesannya dari film ini yang jelas kita bangga. Ada beberapa film yang mengangkat keberhasilan Polri seperti sebelumnya 22 menit. Yang pasti masyarakat juga semakin paham bagaimana tugas Polri. Sekaligus bisa mempromosikan kepada masyarakat yang barangkali bercita-cita ingin jadi anggota Polri,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wisata Batu Paraga Salopa Tasikmalaya, Tempat Liburan Yang Instagramable

Matrius mengajak masyarakat yang masih penasaran dengan film itu untuk segera menonton pada bioskop terdekat dan bagi angggota Polri tidak ada salahnya mengikutsertakan keluarganya.

Untuk diketahui film ‘Hanya Manusia’ tersebut merupakan karya sutradara Tepan Kobain serta penulis naskah Rebecca M Bath, Monty Tiwa, dan Putri Hermansjah. Film ini menjadi debut Tepan Kobain sebagai sutradara film layar lebar.

Sebelumnya, Tepan Kobain merupakan penata artistik dalam film Matt & Mou (2019), Pocong the Origin (2019), Mahasiswi Baru (2019), Reuni Z (2018), 3 Dara 2 (2018), dan Mau Jadi Apa? (2017). Kobain juga menjadi bagian dalam film Pertaruhan (2017) dalam hal desain produksi. (Gin)