bjb

Makhluk Berwujud Harimau Konon Menjaga Makam Eyang Prabudilaya

Tangga menuju makam Eyang Prabudilaya, lokasi di pulau objek wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya. (Foto: Tony/JabarNews)

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA - Sosok mahluk halus yang menyerupai Harimau konon menjaga jalan tangga yang merupakan akses menuju makam Eyang Prabudilaya di pulau Situ Gede Kota Tasikmalaya.

"Jika dilihat dengan orang yang mempunyai indra ke-6, sosok mahluk halus dengan wujud harimau tersebut akan terlihat berjejer diatas tangga jalan akses menuju Eyang Prabudilaya dimakamkan," kata Herman selaku Juru Kunci Makam Kramat Prabudilaya kepada Jabarnews.com, di Makam Eyang Prabudilaya, Sabtu (9/11/2019).

Herman menerangkan, di dalam makam Eyang Prabudilaya disebelahnya terdapat makam seorang pengawal setianya yang bernama Sagolong.

"Sedangkan di luar makam khusus Eyang Prabudilaya tersebut, ada makam istri pertama Eyang Prabudilaya yakni Nyai Siliwati," ujar Herman.

Baca Juga:

Permukaan Makam Kuno Meninggi Buat Geger Warga Indramayu

Warga Sumedang Dilarang Berziarah ke Makam Keramat Ini

Herman menceritakan, perjalanan sejarah Eyang Prabudilaya konon sangat mengenaskan, pasalnya Eyang Prabudilaya dibunuh oleh istri mudanya yang bernama Nyi Mas Sakarembong.

Eyang Prabudilaya ditusuk dibagian belakang oleh Nyi Mas Sakarembong. Tidak hanya itu istri pertamanya yang bernama Nyai Siliwati dan pengawal setianya bernama Sagolong juga tewas ditangan Nyi Mas Sakarembong.

Pembunuhan itu terjadi akibat kesalah pahaman di dalam rumah tangganya.

"Konon katanya Eyang Prabudilaya menolak untuk diajak berhubungan badan oleh kedua istrinya, karena Eyang Prabudilaya sedang menuntut sebuah ilmu tingkat tinggi, dan syaratnya tidak boleh berhubungan badan dengan kedua istrinya," jelasnya. (CR1)

Tags : Makam Keramat Makam Eyang Prabudilaya Makhluk Halus Penjaga Makam Situ Gede Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Air di Objek Wisata Situ Gede Kota Tasikmalaya Masih Surut

Banyak Ditemukan Makam Keramat di Kampung Tajur Purwakarta

Foto Penampakan Makhluk Halus Hebohkan Warga Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi