Makhluk Berwujud Harimau Konon Menjaga Makam Eyang Prabudilaya

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Sosok mahluk halus yang menyerupai Harimau konon menjaga jalan tangga yang merupakan akses menuju makam Eyang Prabudilaya di pulau Situ Gede Kota Tasikmalaya.

“Jika dilihat dengan orang yang mempunyai indra ke-6, sosok mahluk halus dengan wujud harimau tersebut akan terlihat berjejer diatas tangga jalan akses menuju Eyang Prabudilaya dimakamkan,” kata Herman selaku Juru Kunci Makam Kramat Prabudilaya kepada Jabarnews.com, di Makam Eyang Prabudilaya, Sabtu (9/11/2019).

Baca Juga:  Libur Lebaran, Polres Purwakarta Bantu Dorong Mobil Mogok di Kawasan Jatiluhur

Herman menerangkan, di dalam makam Eyang Prabudilaya disebelahnya terdapat makam seorang pengawal setianya yang bernama Sagolong.

“Sedangkan di luar makam khusus Eyang Prabudilaya tersebut, ada makam istri pertama Eyang Prabudilaya yakni Nyai Siliwati,” ujar Herman.

Baca Juga:  Pandangan Demokrat Jabar Soal Pidato AHY yang Sindir Pemerintah: Program Pro Rakyat Perlu Ditingkatkan

Herman menceritakan, perjalanan sejarah Eyang Prabudilaya konon sangat mengenaskan, pasalnya Eyang Prabudilaya dibunuh oleh istri mudanya yang bernama Nyi Mas Sakarembong.

Eyang Prabudilaya ditusuk dibagian belakang oleh Nyi Mas Sakarembong. Tidak hanya itu istri pertamanya yang bernama Nyai Siliwati dan pengawal setianya bernama Sagolong juga tewas ditangan Nyi Mas Sakarembong.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Rabu 3 Agustus 2022

Pembunuhan itu terjadi akibat kesalah pahaman di dalam rumah tangganya.

“Konon katanya Eyang Prabudilaya menolak untuk diajak berhubungan badan oleh kedua istrinya, karena Eyang Prabudilaya sedang menuntut sebuah ilmu tingkat tinggi, dan syaratnya tidak boleh berhubungan badan dengan kedua istrinya,” jelasnya. (CR1)