Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata, Ini Pesan Presiden Jokowi

JABARNEWS | JAKARTA – Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November digelar di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta berlangsung penuh khidmat.

Pada kesempatan ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara hari pahlawan. Dalam sambutannya mengingatkan pentingnya generasi kini mengingat jasa para pahlawan. Proses kemudian dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dengan ditandai bunyi sirene selama 60 detik. Setelah itu Jokowi memimpin proses mengheningkan cipta.

Baca Juga:  Kini, Pengunjung Bisa Tahu Bambu Langka Khas Jawa Barat Di Bandung Zoo

“Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi dilansir detikcom.

Jokowi kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tuga TMPNU Kalibata dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menag Fachrul Razi.

Jokowi kemudian melanjutkan prosesi dengan melakukan tabur bunga di TMPNU Kalibata. Jokowi tiba di TMPNU Kalibata, Jakarta, Minggu (10/11/2019) pukul 08.05 WIB bersama Wapres Ma’ruf Amin.

Baca Juga:  Aksi Vandalisme Saat Pandemi Covid-19 Dikecam Masyarakat Purwakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan tabur bunga usai melaksanakan Upacara Hari Pahlawan Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Kalibata, Jakarta Selatan. Saat tabur bunga, Jokowi ditemani oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Setiba di salah satu makam, Jokowi langsung mendoakan arwah pahlawan, lalu menaburkan bunga ke atas sejumlah makam. Jokowi membungkukan badannya menaburkan bunga. Usai Jokowi menaburkan bunga, Ma’ruf Amin selanjutnya ikut menaburkan bunga di makam yang sama. Ma’ruf mengambil sejumput bunga lalu menaburkannya di atas makam.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Golongan Yang Diperbolehkan Melintas Saat Larangan Mudik

Saat tabur bunga Jokowi dan Ma’ruf di temani Menko Polhukam Mahfud Md, Mensos Jualiari P Batubara, Mensesneg Pratikno dan Menag Fachrul Razi.Selain itu, turut menemani Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. (Red)