bjb

Forkopimda Purwakarta Gelar Ziarah Nasional Tabur Bunga

Forkopimda Purwakarta dalam memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Sirna Raga. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Upacara Ziarah Nasional digelar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Purwakarta dalam memperingati Hari Pahlawan, yang diperingati setiap 10 Nobember, di Taman Makam Pahlawan Sirna Raga, Jalan Taman Pahlawan, Kelurahan Purwamekar, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Minggu (10/11/2019). 

Upacara tersebut dipimpin Komandan Kodim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho. Hadir juga sekertaris Daerah Purwakarta, Iyus Permana, Kapolres Purwakarta AKBP Matrius, Kepala Kantor Kemenrian Agama Kabupaten Purwakarta, H.Tedi Ahmad Junaedi dan sejumlah pimpinan lembaga lainnya ikut dalam peringatan Hari Pahlawan tersebut.

Para mantan pejuang, pelajar, dan prajurit TNI/Polri juga turut serta meramaikan upacara tersebut. Dalam kesempatan itu Dandim sempat menaruh karangan bunga secara simbolis sebagai bentuk terima kasih dan doa atas perjuangan para pahlawan.

Seusai upacara, Dandim dan unsur pimpinan daerah menabur bunga ke sejumlah makam para pahlawan. Mereka terharu dengan saat menaburkan bunga mawar warna merah dan putih. Beberapa pejabat lainnya menyempatkan diri untuk menaburkan bunga.

“Hari Pahlawan ini bermakna terutama bagi generasi muda sekarang. Mereka perlu mewariskan nilai-nilai patriotisme dan kepahlawanan,” kata Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho.

Yogi menambahkan, pengalaman pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, menunjukkan bahwa spirit perjuangan pahlawan terdahulu sarat akan komitmen dan konsistensi.

Baca Juga:

Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Ajak Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Peringati Isra Mi'raj dan Sambut Ramadhan, Bataliyon Armed 9 Pasopati Kostrad Santuni Anak Yatim

"Hal itulah yang menjadi modal dasar, sehingga tak ada keluh dan kesah saat para pahlawan menghadapi rintangan dan penderitaan," ungkap Yogi.

Pihaknya berharap di hari pahlawan, generasi muda dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur.

"Dengan berpedoman pada jasa-jasa pahlawan tersebut, sebagai generasi muda dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan, melalui apa saja yang dilakukan saat ini, khususnya untuk suksesnya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga memajukan kesejahteraan umum. Terutama bijak dalam menggunakan media sosial, jangan sebarkan hoaks," katanya.

Sementara, Sekertaris Daerah Purwakarta, Iyus Permana mengatakan, dengan digelarnya ziarah nasional dapat mengenang dan melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah tiada.

"Saya berharap semangat kepahlawanan dan cita-cita pejuang terdahulu harus terus digelorakan dalam jiwa generasi muda, dalam membangun bangsa dan negara," pungkas Iyus. (Gin)


Tags : Hari Pahlawan Armed 9 Pasopati Kostrad Ziarah Nasional Generasi Milenial Tabur Bunga Keutuhan NKRI Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Prajurit TNI Kenalkan Website Kostrad kepada Pelajar

Prajurit TNI Batalyon Armed 9 Pasopati Bantu Amankan Pemilu

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi