bjb

Inilah Manfaat Wasabi yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Wasabi. (Foto: Shutterstock)

JABARNEWS | BANDUNG - Bagi Anda yang pernah atau sering makan sushi, pasti sudah tidak asing dengan pelengkap berwarna hijau. Pelengkap tersebut bernama wasabi yang biasanya disajikan di samping hidangan makanan Jepang Anda, seperti sushi dan sashimi.

Wasabi sendiri sebenarnya termasuk ke dalam tanaman herbal, yang masih satu keluarga dengan kubis atau kol (Cruciferae/Brassicaceae). Sesuai dengan namanya, pelengkap makanan yang memiliki nama latin Eutrema japonica atau Wasabia japonica ini memang berasal dari batang tanaman wasabi.

Wasabi berwarna hijau terang dan mengandung isothiocyanate (ITCs), senyawa yang bertanggung jawab atas rasanya yang tajam dan menyengat. Isotiosianat ini jugalah yang berperan untuk memberikan manfaat kesehatan.

Meski sering dicap tidak enak karena rasa dan baunya yang pedas menyengat, ternyata wasabi punya berbagai manfaat baik bagi tubuh. Berikut beragam manfaat wasabi yang penting untuk diketahui dilansir Boldsky

1. Membantu menurunkan berat badan
Tanaman wasabi mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang disebut 5-Hydroxyferulic acid methyl ester (5-HFA ester) yang ada di daun wasabi menekan pertumbuhan dan pembentukan sel-sel lemak.

Studi lain yang diterbitkan dalam "Nutrition Research and Practice", menyimpulkan bahwa ekstrak daun wasabi mencegah penambahan berat badan pada tikus dengan diet tinggi lemak.

2. Mencegah kanker
Aktivitas antikanker dikaitkan dengan isotiosianat (ITC) dalam wasabi. Studi menunjukkan bahwa ITC dan senyawa serupa lainnya yang ada dalam wasabi menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, mulut, usus, dan pankreas.

Studi lain yang dicatat juga menunjukkan bahwa sayuran seperti wasabi menurunkan risiko kanker paru-paru, payudara, kandung kemih, dan prostat.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Wasabi memiliki sifat antihypercholesterolemic yang membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi sehingga mengurangi risiko jantung dan stroke. Isotiosianat dalam wasabi menghentikan agregasi trombosit (menggumpal bersama trombosit dalam darah) dan mencegah pembentukan gumpalan darah, yang merupakan penyebab utama stroke.

4. Mencegah penyakit yang ditularkan melalui makanan
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Frontiers of Microbiology", sifat antibakteri wasabi sangat membantu dalam memerangi bakteri Staphylococcus aureus dan E. coli - dua bakteri paling umum yang bertanggung jawab atas keracunan makanan.

Studi lain menunjukkan bahwa wasabi juga memiliki kemampuan ampuh untuk membantu mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh H. pylori.

5. Mencegah penyakit Parkinson
Isothiocyanate dalam wasabi memiliki efek neuroprotektif pada otak. Mereka meningkatkan aktivasi sistem antioksidan yang menurunkan peradangan di otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini juga dapat membantu mencegah atau memperlambat timbulnya penyakit Parkinson

6. Mencegah osteoporosis
P-hydroxycinnamic acid (HCA) dalam wasabi dapat menjaga integritas tulang dengan meningkatkan pembentukan tulang dan mengurangi kerusakan tulang pada manusia. Ini bisa membantu mengobati osteoporosis.

7. Menghambat pembusukan gigi
Menurut "American Chemical Society", wasabi mengandung isothiocyanate yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang dengan menghilangkan bakteri penyebabnya. (Red)


Tags : Manfaat Wasabi Lobak Hijau Wasabi Jepang Sushi Hidangan Jepang Kesehatan Tips Trik Jabarnews Berita jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi