Pemkot Cimahi Sediakan Formasi Khusus Bagi Peserta CPNS Disabilitas

JABARNEWS | CIMAHI – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 dibuka hari ini. Pemerintah Kota Cimahi membuka 99 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Jumlah ini naik dari 30 formasi yang diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Namun, di Kota Cimahi ada dua jatah formasi khusus bagi disabilitas untuk menjadi tenaga pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengelola Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi Ahmad Saefulloh mengatakan guru PAI tersebut akan ditempatkan di SDN Sukamaju 1 dan SDN Cibodas 1. Kedua sekolah tersebut hanya memiliki satu lantai sehingga lebih mudah diakses disabilitas.

Baca Juga:  Dandim 0619 Purwakarta Serahkan Piagam Penghargaan Pemenang Lomba Karya Tulis

“Kalau guru kelas agak repot, kalau PAI lebih ringan. Dua alasan itu sehingga ditetapkan untuk formasi khusus guru SD,” ujar Ahmad dilansir detikcom, Senin (11/11/2019).

Ada sejumlah syarat khusus yang harus dipenuhi pendaftar. Di antaranya, formasi khusus disabilitas ini diperuntukkan bagi jenis tunadaksa dengan kriteria mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik.

Baca Juga:  PID Mampu Tekan Angka Kemiskinan di Desa

“Kemudian mampu bergerak tanpa alat bantu atau dengan menggunakan alat bantu kecuali kursi roda,” kata Ahmad.

Penyandang disabilitas, juga wajib melampirkan surat keterangan rumah sakit pemerintah yang menerangkan tingkat atau jenis disabilitas sesuai dengan ketetapan dari Menpan-RB

“Sebab formasi khususnya hanya 2 persen dari total formasi keseluruhan yakni 99, maka kami mendorong agar para penyandang disabilitas untuk ikut melalui formasi umum. Hanya saja untuk formasi umum ini tidak akan ada perlakuan khusus,” tutur Ahmad.

Baca Juga:  Korban Pergerakan Tanah Tasikmalaya Baru Dapat Bantuan

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Cimahi Muhammad Taufik menyambut baik adanya formasi khusus CPNS bagi penyandang disabilitas.

“Iya menyambut baik. Dari dulu udah mengupayakan difabel supaya ikut program CPNS,” pungkasnya. (Red)