Melamun Ternyata Memiliki Manfaat

JABARNEWS | BANDUNG – Rasanya semua orang pernah melamun. Bisa jadi karena pikiran yang kosong, atau berharap terhadap sesuatu.

Ekspetasi tersebut terkadang membuat senang, takut, sedih, ataupun berbagai emosi lainnya.

96 persen orang melamun setidaknya dalam sehari, mereka melihat dunia sebagai apa yang mereka fantasikan. Namun, hal ini hanyalah pelarian semata dari kenyataan atau mimpi tentang kehidupan.

Ternyata, para ahli telah mengungkapkan bahwa melamun punya pengaruh baik terhadap kehidupan. Dikutip dari Brightside pada Senin (11/11/2019) ini lah empat manfaat melamun yang baik bagi kehidupan:

Baca Juga:  1.074 Ponpes di Jabar Terpilih Dalam Program One Pesantren One Product

1. Membuat Lebih Pintar dan Kreatif

Menurut sebuah penelitian, orang yang melamun lebih sering melakukan lebih baik dengan tugas intelektual dan kreatif. Juga, MRI membantu untuk mengetahui bahwa fungsi otak mereka lebih efisien.

2. Membantu Menyelesaikan Masalah Lebih Baik

Studi ini mengklaim bahwa selama melamun, aktivitas otak kita meningkat. Ini juga berlaku untuk area otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah sulit. Otak kalian secara tidak sadar dapat beralih ke menyelesaikan tugas yang lebih penting ketika kalian sibuk dengan hal-hal yang kurang penting.

Baca Juga:  Bawa Narkoba 528 Gram, Warga Palembang Ditembak Polisi Deli Serdang

3. Membuat Rencana Lebih Baik

Orang-orang melamun lebih banyak tentang masa depan, daripada masa lalu atau masa kini. Ini membantu mereka menetapkan tujuan dan mencari cara untuk mencapainya. Mereka berpikir tentang bagaimana merencanakan masa depan dan bersiap-siap untuk itu. Dan ini tidak hanya berlaku untuk paket hari ini.

Baca Juga:  Gratis selama Tiga Bulan, Begini Cara Mendapatkan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung

4. Membuat Lebih Bahagia

Ketika kalian melamun tentang orang-orang yang dekat dengan kalian dan dengan siapa kalian memiliki hubungan yang kuat, hal ini secara positif memengaruhi kalian. Fantasi ini meningkatkan keadaan emosi kalian, membuat kalian lebih bahagia, dan memperkuat hubungan kalian dengan orang-orang ini. (Red)