IPC Cirebon Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Sungai Cipadu

JABARNEWS | CIREBON – Indonesia Port Corporation (IPC) Cabang Cirebon melaksanakan kegiatan padat karya tunai berupa bersih-bersih di Sungai Cipadu, Kelurahan/Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Ini bagian dari kegiatan IPC Peduli, yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) IPC. Senin, (11/11/2019).

Hadir dalam kegiatan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H. Anwar Sanusi, S.Pd., M.Si., General Manager IPC Cabang Cirebon, Udin Mahmudin serta masyarakat peduli lingkungan di kota Cirebon.

Pj.Sekretaris kota Cirebon, Anwar Sanusi mengatakan menjelang musim penghujan, meminta kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sungai semakin ditingkatkan.

Baca Juga:  Polisi di Bogor Berhasil Amankan Ratusan Miras saat Patroli Kamtibmas

“Saat hujan turun dengan intensitas yang lebat, maka sungai sudah kembali ke fungsinya untuk menampung air dalam jumlah yang besar. Sehingga tidak terjadi banjir yang bisa berdampak pada rumah-rumah warga di Kota Cirebon yang terendam banjir.” ungkap Anwar Sanusi

Anwar juga menyambut baik kegiatan serta kepedulian yang dilakukan oleh IPC terhadap lingkungan, khususnya kebersihan sungai di Kota Cirebon.

Baca Juga:  Malam Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup

“Karena Kota Cirebon itu dikelilingi oleh sungai, sayangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan masih minim. Kondisi ini diperparah dengan banyaknya sampah yang berasal dari daerah hulu. Padahal posisi Kota Cirebon ada di daerah hilir. Sehingga sampah otomatis akan bertumpuk di Kota Cirebon,” ungkap Anwar.

Sementara itu General Manager IPC Cabang Cirebon, Udin Mahmudin, menjelaskan jika kegiatan yang diselenggarakan hari ini merupakan rangkaian dari ulang tahun IPC.

“Ada 4 zona untuk kegiatan bersih bersih sungai ini. Selain itu di ujung sungai atau muara sungai mereka juga menyiapkan eskavator untuk melancarkan aliran air dari sungai ke laut. Namun tetap dengan harapan, sampah yang ada di sungai tidak mengotori laut sehingga dilakukanlah pembersihan di sungai-sungai tersebut,” jelasnya.

Baca Juga:  Warga Darangdan Do'akan Dedi Mulyadi Yang Terdzalimi

Secara keseluruhan di 12 Cabang Pelabuhan IPC, ada sekitar 3.600 warga yang terlibat, Diharapkan kegiatan ini bisa berkelanjutan dan meningkatkan kesadaran membuang sampah dan mengkampanyekan pola hidup sehat. (One)