Waspada! Kasus DBD di Purwakarta Alami Peningkatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, merilis jumlah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Purwakarta. Angka kasus DBD mengalami peningkatan luar biasa hingga September tahun ini, yang jumlahnya mencapai 492 kasus. di daerahnya

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan setempat, Meisera Pramayanti mengatakan sesuai dengan catatannya, pada 2017 jumlah kasus DBD di Purwakarta mencapai 122 kasus. Kemudian pada 2018, kasus itu meningkat hingga 226 kasus. Angka ini mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir.

Baca Juga:  Joel Vinicius Terdepak dari Persib, Kode Pemain Baru Datang?

“Kasusnya meningkat selama tiga tahun terakhir. Ini menjadi perhatian serius,” katanya. Senin (1/12/2019).

Ia menyampaikan, jika dilihat dari data yang ada, maka jika dirata-ratakan, setiap bulannya ada 10 orang yang terjangkit DBD di wilayah Purwakarta.

Baca Juga:  Banjir Kahatex Rancaekek, Hambat Pelaku Usaha Wisata Garut

“Kondisi itu dipicu faktor cuaca dan khawatir akan terjadi peningkatan kasus pada saat pergantian musim kemarau ke musim hujan saat ini,” jelasnya.

Ia menyatakan pada pergantian musim seperti saat ini pihaknya menguatkan peran petugas di setiap Puskesmas yang ada di seluruh Purwakarta.

Baca Juga:  Polres Sergai Musnahkan Miras Hasil Operasi Cipta Kondisi

Dalam setiap kesemapatan tim dari Dinas Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat agar mengurangi risiko terkena penyakit.

Selain itu, gerakan 3M yakni menguras dan menutup bak mandi serta mengubur barang-barang yang berpotensi menjadi sarang nyamuk juga harus tetap dilakukan. (Red)