Keluarga Rd Adipati Aria Kusumadiningrat Gelar Tradisi Memandikan Keris

JABARNEWS | CIAMIS – Tradisi Jamasan Pusaka (memandikan sebuah pusaka keris) dilakukan keluarga besar Rd. Adipati Aria Kusumadiningrat di Museum Galuh Pakuan, Ciamis, Rabu Pagi (13/11/2019).

Tradisi yang setiap tahun digelar tersebut dilaksanakan bertepatan dengan bulan Maulid Nabi Muhammad SAW atau Rabiul Awal.

Baca Juga:  Pasokan Langka, Harga beras di Pasar Tradisional Purwakarta Merangkak Naik

“Tradisi Jamasan Pusaka ini menggunakan 7 sumber mata air Kahuripan di Kabupaten Ciamis,” kata Raja Galuh Pakuan generasi ke-6, Rd. H. Rasich Hanif Radinal, kepada Jabarnews.com, Rabu (13/11/2019).

Rd. Hanif menuturkan 7 keris pusaka yang di Jamasan ini adalah peninggalan turun temurun Keluarga Raja Galuh Pakuan Rd. Adipati Aria Kusumadiningrat.

Baca Juga:  Bupati Subang Apresiasi Semangat Gotong Royong Warganya

Filosofi Jamasan sendiri yakni untuk membersihkan kembali apa yang ada di diri, serta menghormati lambang kehormatan leluhur agar pusaka-pusaka tersebut tidak disalah artikan.

Pelaksanaan Jamasan Pusaka ini juga untuk memperkenalkan warisan budaya kepada seluruh masyarakat, khususnya para generasi muda.

Baca Juga:  Ini Lokasi SIM Keliling Karawang Kamis 13 April 2023

“Warisan leluhur ini merupakan aset yang perlu kita lestarikan, dan ini merupakan kebanggaan dan jati diri bangsa serta merupakan benteng persatuan NKRI,” Jelasnya. (CR1)