Ketua DPR RI: Desak Brimob Harus Tegas Terhadap Teroris

JABARNEWS | DEPOK – Ketua DPR RI Puan Maharani mengaku bangga dengan Korps Brimob sebagai pasukan elit Polri, yang menjadi garda terdepan penanggulangan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan eskalasi tinggi seperti serangan teroris sehingga masyarakat merasa terlindungi.

Usai menghadiri upacara HUT ke-74 Korps Brimob di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Puan meminta Korps Brimob lebih galak terhadap aksi terorisme. Brimob diharapkan tidak berkompromi dalam memberantas pelaku aksi terorisme.

Baca Juga:  Sebanyak 27.000 Warga Kota Bekasi Jalani Rapid Test, Begini Hasilnya

Selain itu ia berharap Korps Brimob Polri semakin dekat dengan rakyat dan terus mengembangkan diri agar lebih profesional.

“Brimob yang lahir dari rakyat harus makin dekat dengan masyarakat. Sapa dan ramah kepada rakyat, tegas hanya kepada mereka yang ingin mengacaukan keamanan,” kata Puan, Kamis (14/11/2019).

Menurut dia, Brimob juga mempunyai kemampuan “rescue” yang sangat membantu warga ketika terjadi di daerah bencana. Selain itu, terkait penanganan aksi unjuk rasa, personel Brimob harus tetap berpegang teguh pada Protap pengamanan dan tidak mudah emosi meski dihujat para pendemo.

Baca Juga:  Putri Candrawathi Belum Ditahan, Fadli Zon Ngoceh

“Mereka adalah saudara-saudara kita juga. Ikuti SOP pengamanan dan patuhi garis komando, jangan lupa aturan-aturan HAM ketika menghadapi unjuk rasa,” ujarnya.

Puan bersyukur Indonesia mempunyai pasukan Brimob yang setia menjaga NKRI dan kelahiran Brimob tidak bisa dilepaskan dari perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Baca Juga:  Operasi Aman Nusa II, Cara Polres Purwakarta Cegah Covid-19

“Embrio Brimob menjadi pasukan pioner dalam awal perebutan senjata untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Menurut politisi PDI Perjuangan itu,sejarah mencatat peranan Resimen ini dalam operasi penumpasan dan pembersihan berbagai pemberontakan, mulai dari DI/TII Kartosuwiryo, DI/TII Daud Beureuh, PRRI, DI/TII Kahar Muzakar, dan pembebasan Irian Barat.

“Komitmen Brimob untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila tidak perlu diragukan lagi,” pungkasnya. (Ara)