Operator Cipali: Kelalaian Pengendara Jadi Penyebab Utama Laka di Tol

Berdasarkan data sebanyak 80 persen ke atas kecelakaan di Tol Cipali karena human error.

Kecelakaan maut di Tol Cipali. (Foto: Tangkapan Layar Kompas TV)

JABARNEWS | CIREBON - Indonesia tercatat menjadi negara dengan rasio kematian akibat kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Kondisi tersebut dianggap terjadi akibat lemahnya penegakan hukum.

Padahal, jika merunut ke Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Indonesia sebenarnya punya peraturan hukum yang tegas. Dalam aturan tersebut, pengendara yang lalai dalam mengemudi hingga menyebabkan kecelakaan bisa dipenjara.

Baca Juga:

Bangkai Kendaraan Laka Lantas Bikin Kumuh Pintu Tol Jatiluhur

Beredar Info Pembacokan Genk Motor, Padahal Korban Lakalantas Tunggal



General Manager Operasioanl (GMO) PT LMS selaku operator Cipali Suyitno menyebutkan dari data yang ada 80 persen kecelakaan terjadi di tol merupakan human error atau kelalaian manusia, seperti halnya yang terjadi pada Kamis (14/11) dini hari.

"Data yang ada pada kami sebanyak 80 persen ke atas kecelakaan di Tol Cipali karena human error," kata Suyitno saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler di Cirebon, Kamis (14/11/2019).

Suyitno lantas menyebut kecelakaan antara Bus Sinar Jaya nopol B-7949-IS dengan Bus Arimbi nopol B-7168-CGA pada Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 00.15 WIB yang mengakibatkan tujuh orang meninggal dunia.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Lakalantas Bus Tabrak Truk Kecelakaan Tol Cipali Kelalaian Pengendara Polres Cirebon Kecelakaan Maut Rombongan Pelajar Rombongan Pelajar Tewas RS Mitra Plumbon Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Cirebon

berita terkait

Dua Kecelakaan Beruntun Terjadi di Garut Dalam Sehari

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi