Ahok Bakal Jabat BUMN, Erick Thohir: Kita Tunggu Saja

JABARNEWS | BANDUNG – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mencuat sebagai calon pemimpin salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga memastikan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bakal memimpin BUMN yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan secepatnya menetapkan posisi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok atau paling lambat awal Desember 2019.

Baca Juga:  Kabar Gembira, Besaran Total BLT Dana Desa Naik

“Segera mungkin, awal Desember,” kata Erick Thohir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/11/2019), menanggapi pertanyaan kapan posisi untuk Ahok ditetapkan.

Ia meminta masyarakat bersabar menunggu keputusan atau ketetapan yang akan diambil pemerintah. Erick juga belum bersedia menyebutkan Ahok akan ditempatkan di posisi apa dan di BUMN mana.

Mengenai pertimbangan mengusulkan Ahok, Erick menjelaskan BUMN yang meliputi 142 perusahaan membutuhkan figur yang bisa jadi pendobrak.

Baca Juga:  Shin Tae-yong Percara Diri Bisa Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

“Gak mungkin 142 perusahaan dipegang satu orang. Kita harapkan ada perwakilan perwakilan yang memang punya track record pendobrak, tidak artinya salah dan benar, tapi untuk mempercepat hal-hal yang sesuai arahan,” katanya.

Arahan itu, lanjut dia, bagaimana menekan impor energi. Juga bagaimana membuka lapangan kerja dengan cara berpartner dengan pihak lain.

Baca Juga:  Wow! Ada Patung Unik Ditemukan di Tasikmalaya

Ketika ditanya apakah Ahok akan memimpin BUMN energi, Erick mengatakan belum tahu.

“Belum tahu, nanti kita lihat,” katanya.

Ia juga menyebutkan setiap penempatan pejabat di BUMN ada pengajuan ke Tim Penilai Akhir termasuk untuk Ahok.

“Saya rasa beliau tokoh yang konsisten, track recordnya jelas dan bisa terus membangun,” katanya. (Red)