Ribuan Ton Ikan Tilapia Kualitas Terbaik Diekspor Sampai ke AS dan Eropa

JABARNEWS | MEDAN – PT Aquafarm Nusantara Semarang melakukan diskusi kelompok fokus dengan tema Pembangunan Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah di Semarang. Diskusi ini juga dihadiri oleh para pejabat utama dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.

“PT Aquafarm Nusantara Semarang menggelar diskusi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah seputar produk ekspor ikan tilapia,” kata Kasan Mulyono, External Affairs Senior Manager PT Aquafarm Nusantara pada jabarnews.com, Selasa (19/11/2019).

Ia menjelaskan, Manager Pabrik PT Aquafarm Nusantara Semarang, Sri Rusmianawati dalam diskusi memaparkan PT Aquafarm Nusantara Semarang sampai bulan Oktober 2019 telah mengekspor 1.600 ton produk ikan tilapia dengan merek dagang Naturally Better Tilapia sampai Oktober 2019 dari pabrik pengolahan di Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga:  BKI PT Aquafarm Nusantara Gelar Khitanan Massal

“Penjualan ekspor utamanya ke para pelanggan PT Aquafarm Semarang terutama di Amerika Serikat, Eropa, Australia dan Kanada. Untuk pemesaran di kota besar di Indonesia sampai akhir 2019 penjualan dari pabrik pengolahan ikan talipia Semarang mencapai 3.500 ton,” jelas Kasan Mulyono.

Ia menjelaskan, pabrik pengolahan ikan PT Aquafarm Nusantara Semarang mendapatkan pasokan bahan baku dari hasil pembudidayaan ikan di Wadas Lintang, Wonogiri, Kedung Ombo dan Wunut, semuanya terletak di Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga:  Mendagri : Kondisi Wiranto Membaik dan Sudah Bisa Bersalaman

“Bahan baku dari Wadas Lintang, Wonogiri, Kedung Ombo dan Wunut, Jateng,” terang Kasan.

Dikatakannya, pabrik PT Aquafarm Nusantara di Semarang juga telah memenangkan banyak penghargaan termasuk Penghargaan Adibakti Mina Bahari Terbaik 1 Nasional pada 2014 dan Penghargaan sebagai Unit Pengolah Ikan Skala Besar Terbaik 1 Nasional dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada 2017.

“Yang terakhir adalah penghargaan Nilai Kepatuhan Tertinggi dari Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Semarang pada Juli 2019,” ujarnya.

Baca Juga:  Bolehkah Bayi Tidur Pakai AC

Dikatakan Kasan, PT Aquafarm Nusantara Semarang, merupakan pabrik pengolahan yang besar dan modern di Semarang yang telah mendapatkan sertifikasi nasional dan internasional termasuk sertifikasi BRC, BAP, IFS, ASC, Sosial Audit, HACCP, SKP dan Halal.

“PT Aquafarm Nusantara Semarang banyak mendapat sertifikasi, salah satunya sertifikasi halal,” ungkap Kasan.(CR3)

Manager Pabrik PT Aquafarm Nusantara Semarang, Sri Rusmianawati berpidaro dalam diskusi kelompok fokus dihadiri oleh para pejabat utama dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah. (CR3)