Berikut Ini Tips Pergi ke Daerah Wisata yang Rawan Bencana

JABARNEWS | BANDUNG – Berwisata ke daerah-daerah yang rawan bencana tentunya memerlukan persiapan-persiapan yang sangat matang. Sehingga ketika kita dihadapkan pada kondisi-kondisi tertentu, bisa dengan segera mengantisipasi segala kemungkinan yang ada.

Selain itu, Letak geografis di Indonesia yang dikelilingi beberapa lempeng tektonik membuat beberapa tempat di indonesia berada di daerah rawan bencana (zona merah). Indonesia juga menjadi daerah dengan cincin api sehingga menjadikannya sebagai wilayah dengan banyak jenis bencana alam, mulai dari gempa bumi, erupsi hingga tsunami.

Nah, Berkiut merupkan beberapa tips sebelum pergi ke daerah wisaata yang rawan bencana yang di himpun dari laman kumparan.com 915/11/2019), simak

Pahami potensi bencana

Sebelum memutusan berwisata kesuatu tempat, hendaklah mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan perjalan. Terpenting lagi pengunjung harus sadar untuk update info dari BMKG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat.

Baca Juga:  Jokowi Ajak Tim Pemenangan Kampanye Door to Door

Selain itu, carilah informasi misalnya pantangan-pantangan di daerah dan juga budaya atau peraturan yang berlaku di daerah tersebut. dengan perkembangan teknologi canggih pengunjung bisa mencari informasi di internet sebelum berangkat berwisata.

Berjaga-jaga jika terjadi sesuatu

Ketika sedang berwisata tentunya kita tidak mengharapkan suatu hal buruk. Namun, kewaspadaan dan memikirkan segala sesuatunya jika sesuatu hal darurat terjadi, sehingga ketika terjadi sesuatu di tempat yang kamu kunjungi, kamu dapat mengetahui harus kemana.

Contohnya seperti, mengecek lokasi rumah sakit terdekat atau instansi-instansi terkait yang dapat membantu kamu jika tiba-tiba suatu bencana terjadi.



Bertanya ke penduduk lokal atau tour guide


Jika dirasa informasi belum cukup, sebaiknya agar bertanya pada penduduk setempat atau guide lokal. Hal ini akan membantu kamu untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai tempat tersebut. Dengan bertanya kepada orang yang lebih paham dengan daerah tersebut, kamu akan lebih memahami bagaimana kondisi di daerah tersebut.

Baca Juga:  Jabarnews Resmi Jadi Media Partner Indonesia Idol 2023, Ajak Penyanyi Muda di Jawa Barat Berkancah di Tingkat Nasional

Pelajarilah panduan “sadar bencana”

Panduan sadar bencana sendiri merupakan sebuah panduan bagaimana agar kamu dapat menghadapi situasi-situasi ketika sedang terjadinya bencana.

Ketika bencana tiba-tiba terjadi, apalagi kamu sedang berada di tempat wisata, kamu harus mengetahui apa yang harus lakukan, setidanya bersikap mengendalikan panik ketika terjadi sesuatu.

Baca Juga:  Korban Kebakaran Dipindah Ke Rusun Rancacili

Utamakan keselamatan diri sendiri

Ketika bencana terjadi, menyelamatkan diri sendiri menjadi hal yang paling utama. Setelah memastikan bahwa dirimu sudah tidak di dalam bahaya, barulah kamu dapat menyelamatkan hal lainnya.

Memang ketika terjadinya bencana terkadang kondisi yang dialami berbeda-beda. Tapi setidaknya lebih baik kamu menyelamatkan dirimu terlebih dahulu.

Dengan demikian jika ingin berkunjung ketempat wisata yang rawan akan bencana bukan sesuatu yang perlu ditakuti lagi, asalkan dengan perencanaan yang matang juga mengetahui apa yang harus dilakukan saat bencana terjadi. Selain itu, juga mengetahui jenis bencana yang mungkin dihadapi selama berada di lokasi wisata tersebut. (Red)